Foto: ist

DAK Sub Bidang KB Terus Meningkat

Kamis, 22 November 2018 - 14:46:39 WIB

Tirainews.com - Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Sub Bidang KB setiap tahun terus meningkat. Dana dari pemerintah pusat ini yang awalnya berkisar Rp1.428 miliar pada tahun 2018, terus bertambah menjadi Rp55.011 miliar.

Demikian diungkap Kepala Perwakilan BKKBN Riau Agus Putro Proklamasi saat kegiatan pemaduan perencanaan program dan anggaran KKBPK TK. Provinsi dan Kabupaten/Kota (Korenda) dan Perencanaan DAK Sub Bidang KB Bagi Kabupaten/Kota, Rabu (21/11/2018) malam di Hotel Jatra Pekanbaru.

"Sejak tahun 2008 perhatian pemerintah sangat besar. DAK ini terus meningkat, bahkan untuk tahun anggaran 2019 menjadi Rp55.011 miliar," kata Agus.

Bahkan, lanjutnya, DAK yang semula diprioritaskan hanya untuk pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana fisik, mulai tahun 2016 lalu sampai sekarang dialokasikan untuk bantuan operasional keluarga berencana (BOKB).

Loading...

"Dengan total anggaran yang cukup besar," sambungnya.

Ia merinci, untuk pagu DAK fisik tahun anggaran 2019, berjumlah Rp13.537 miliar, sedangkan non fisik sebesar Rp41.473 miliar. Untuk tahun anggaran 2019, BKKBN memperoleh DAK penugasan untuk penanganan stunting di dua kabupaten.

"Kabupaten Kampar dan Kabupaten Rokan Hulu dengan total pagu DAK penugasannya sebesar Rp500 juta," ungkapnya.

Lanjutnya, pelaporan DAK Sub Bidang BK dilakukan secara berjenjang dan berkala dari tahap persiapan, pelaksanaan sampai dengan distribusi di masing-masing kabupaten/kota. Kemudian, untuk pemantauannya juga dilakukan secara berjenjang, dari BKKBN pusat sampai OPD KB yang ada di kabupaten/kota.

"Apabila ternyata dalam pelaksanaan DAK Sub bidang KB masih ditemui kekeliruan, maka dapat segera dilakukan perbaikan dengan disertai dukungan data yang akurat," jelasnya. 




Baca Juga Topik #riau+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+