Ilustrasi (net)

Bisa Picu Kanker, Hindari Olah Daging Kambing dengan Cara Ini

Jumat, 07 Desember 2018 - 19:07:49 WIB

Tirainews.com - Daging kambing merupakan salah satu bahan masakan yang terkenal sulit untuk diolah. Tantangan yang perlu diatasi adalah bagaimana cara agar bau amis dan prengus dari daging ini dapat hilang. 

Sayangnya, sederet proses memasak yang panjang malah membuat kandungan gizi dari daging kambing bisa menghilang. Tapi jangan khawatir, kamu tetap bisa menikmati daging kambing tanpa bau prengus dengan gizi yang utuh jika mengikuti tips berikut ini!

Yang Harus Dihindari Saat Memasak Olahan Kambing

1. Kadar Kolesterol Tinggi

Loading...

Hal pertama yang perlu kamu ingat saat akan mengolah daging kambing adalah memerhatikan kadar kolesterolnya. Para ahli gizi telah mengungkap bahwa daging kambing bukanlah daging yang memiliki kandungan kolesterol tinggi. 

Pasalnya, kadar kolesterol dari daging kambing dapat dikatakan sedikit jika dibandingkan dengan daging sapi atau kerbau. Namun, sebagian cara pengolahan dapat membuat daging kambing menjadi salah satu sajian yang memiliki kandungan kolesterol yang sangat tinggi. 

Misalnya, olahan dengan santan atau minyak berlebih dapat membuat masakan olahan kambing menjadi tinggi kolesterol. Itulah sebabnya hindarilah penggunaan santan atau minyak berlebih saat memasak daging kambing. 

2. Membakar Daging Kambing Hingga Gosong

Selain itu, jika kamu ingin mengonsumsi kambing panggang atau bakar, pastikan untuk menghindari bagian yang hangus dan berwarna kehitaman. Hal ini penting karena bagian daging yang terbakar dapat menjadi zat pemicu kanker.

3. Anjuran Memasak Daging Kambing

Nah, untuk memaksimalkan kandungan gizi dan menghindari risiko dari bahaya kolesterol, kamu dapat melakukan beberapa teknik memasak daging kambing, seperti dengan cara dibuat sup atau tumisan. 

Cara ini lebih baik dilakukan karena tidak akan menambah kadar kolesterol dalam masakan yang kamu buat. Pastikan juga daging benar-benar matang sempurna saat dimasak.

4. Gunakan Teknik Pan Frying

Kamu juga dapat mencoba teknik memasak pan frying untuk mengolah daging kambing. Teknik ini dilakukan dengan memasak daging menggunakan sedikit minyak. Dengan begitu, hasil olahan daging kambing tidak akan terlalu berminyak serta menghindari potensi hangus.

5. Sajikan Bersama Sayur dan Buah

Saat kamu mengonsumsi daging kambing, jangan lupa untuk menyajikannya bersama dengan sayuran dan buah-buahan. Hal ini penting sebab sayur dan buah yang cukup sangat penting untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh yang nantinya berperan dalam mengikat lemak jahat dan kolesterol dari masakan olahan daging kambing yang dikonsumsi.

Itulah beberapa hal penting seputar teknik memasak daging kambing agar gizinya tidak hilang dan tetap sehat untuk dikonsumsi. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba, ya!




Baca Juga Topik #food+
Business

Bunda, Ini Waktunya Kenalkan Daging pada Bayi

Jumat, 23 November 2018
Business

Mau Sehat? Ikuti 5 Tips Pola Makan Ini

Sabtu, 24 November 2018
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+
Serba-serbi

Diet Lebih Menguatkan Tulang Dibanding Olahraga

Senin, 22 Oktober 2018
Serba-serbi

Polwan Cantik Ini Sempat Viral, Ini Foto-fotonya

Jumat, 12 Oktober 2018
Serba-serbi

Terancam Punah, Badak Putih Lahir di Australia

Rabu, 07 November 2018