M Noer MBS

Angkut dan Pungut Retribusi Sampah di Pekanbaru Harus Izin DLHK

Kamis, 03 Januari 2019 - 16:45:28 WIB

Tirainews.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tidak menampik masih ada oknum yang memungut uang retribusi sampah tanpa sepengetahuan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK).

Artinya, masih banyak terjadi pungutan liar terkait pengelolaan sampah di Kota Pekanbaru. Padahal, sejak tahun lalu, untuk pengelolaan sampah boleh dikelola oleh LKM RW dengan catatan ada MoU dengan DLHK.

"Jadi pak wali minta MoU nya dengan LKM RW, tahun lalu itu dari 719 LKM RW yang harus MoU , hanya 50 persen yang kerjasama," kata Sekretaris Daerah M Noer MBS, Kamis (3/1/2019).

Terkait permasalahan itu, tahun ini, Pemko Pekanbaru kembali melakukan rapat evaluasi. Sampai kini, sudah ada tiga kali rapat pertemuan antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk membahas permasalahan sampah.

Loading...

Kata Sekda, permasalahan sampah di Pekanbaru ada dua, pertama pengangkutan dan kedua retribusi. Tahun 2019 ini tidak ada orang yang lain mengangkut sampah kecuali DLHK. 

Jika pun ada pihak lain, harus seizin DLHK. Artinya kalau pakai pihak ketiga harus melalui DLHK. "Kemudian tidak ada orang lain yang boleh memungut retribusi sampah selain pemerintah. Pemerintah Kota (Pemko) memberikan wewenang kepada DLHK, dan DLHK diperbolehkan dan didorong bekerjasama untuk retribusi dengan LKM RW," jelasnya. 




Baca Juga Topik #riau+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+