Bawaslu Desak KPU Keluarkan SK Baru Daftar Calon Anggota DPD RI. ©Liputan6.com/Ditto Radityo

KPU Didesak Bawaslu Keluarkan SK Baru Daftar Calon Anggota DPD RI

Selasa, 15 Januari 2019 - 18:40:13 WIB

Tirainews.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mendesak Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk segera menindaklanjuti putusan Bawaslu No.008/LP/PL/ADM/RI/00.00/XII/2018 tentang perbaikan administrasi dengan mencantumkan nama Oesman Sapta Odang (OSO) sebagai calon tetap perseorangan peserta Pemilu anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia.

"Sampai sore hari ini Bawaslu belum mendengar apa sikap dari KPU karena secara resmi. Kami belum dapet surat pemberitahuannya," kata Ketua Bawaslu Abhan di Kantor Bawaslu RI, Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (15/1/2019).

Menurut Bawaslu, seharusnya KPU sudah menindaklanjuti putusan tersebut paling lama tiga hari pasca dibacakan, 9 Januari 2018. Namun, akibat belum adanya tindak lanjut tersebut, sampai hari ini tidak ada calon anggota DPD RI untuk Pemilu 2019 karena SK mereka telah dibatalkan putusan PTUN, No. 242/G/SPPU/2008/PTUN-JKT, 14 November 2018.

"Surat keputusan terkait itu sudah dibatalkan oleh PTUN. Jadi, keputusan KPU Nomor 1130 dianggap tak ada dan dengan demikian daftar calon anggota DPR RI yang telah ditetapkan sebagai calon tetap sudah tidak adalagi karena sudah dicabut oleh putusan PTUN itu," tambah Komisioner Bawaslu Ratna Dewi.

Loading...

Kini, Bawaslu mendesak KPU untuk menerbitkan SK baru untuk memulihkan daftar calon anggota DPR RI telah terdaftar tersebut. Agar, mereka memiliki legal standing jelas dalam perhelatan untuk Pemilu 2019, termasuk nama Oesman Sapta Odang (OSO), sebagai pelapor yang juga belum terpenuhi haknya oleh KPU.

"Ini harus jadi perhatian penting untuk segera menindaklanjuti putusan administrasi kami, ini berkaitan dengan perlindungan hak konstitusional WNI yang sudah melakukan proses pencalonan," tutup Ratna.




Baca Juga Topik #politik+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+