Burhan Gurning

Aplikasi Smart Rescue di Pekanbaru Habiskan Anggaran Rp350 Juta

Senin, 21 Januari 2019 - 17:35:53 WIB

Tirainews.com - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Pekanbaru merancang aplikasi Smart Rescue Madani. Untuk aplikasi ini, instansi itu mengantarkan sebesar Rp350 juta. 

Kepala DPKP Kota Pekanbaru Burhan Gurning mengatakan, aplikasi ini nantinya bisa diunduh melalui Playstore di smartphone. Aplikasi ini berguna untuk panggilan cepat apabila masyarakat membutuhkan bantuan DPKP. 

"Peluncuran aplikasi ini nantu pas peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Damkar yang ke-100, Maret 2019 mendatang. Anggaran Rp350 juta. Ini nanti akan kita kembangkan seperi panggilan 911," kata Burhan, Senin (21/1/2019). 

Ia menambahkan, aplikasi ini nantinya akan memberikan respon secepat, misalnya ada laporan kejadian, seperti kebakaran, percobaan bunuh diri, penyelamatan hewan dan sebagainya. Ia menyebut, paling lama, 15 menit pihaknya sudah hadir di lokasi setelah aplikasi digunakan masyarakat. 

Loading...

"Juga orang tenggelam, binatang buas, penyelamatan hewan dan sebagainya, bisa menggunakan aplikasi ini," kata dia. 

Lanjutnya, Smart Rescue Madani merupakan sinergisitas antara Damkar, pihak kepolisian, dan PLN. Menunggu peluncuran, pihaknya terus berkoordinasi untuk mengoptimalkan kerjasama dan meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat.

"Jadi kita harapkan kerjasama yang cepat di lapangan nanti," kata dia.

Gurning juga mengatakan, setelah dilaunching pihaknya masih akan melakukan evaluasi, untuk melihat kekurangan dari aplikasi tersebut dilapangan.

"Nanti setelah dilaunching, baru kita akan evaluasi lagi, kita tinjau kembali apa saja kekurangannya, apa yang perlu disempurnakan untuk pengaplikasian di Kota Pekanbaru ini," jelasnya. 




Baca Juga Topik #riau+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+