Foto: net

Tiga Wisata Unggulan Kota Pekanbaru Ini Wajib Dicoba

Senin, 25 Februari 2019 - 18:25:59 WIB

Tirainews.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwasata (Disbudpar), kini sudah menetapkan tiga tujuan (destinasi) wisata unggulan yang siap menjadi rujukan tempat rekreasi Anda bersama keluarga.

Kepala Disbudpar Pekanbaru Nurfaisal, Jumat (22/2/2019) menyebut, tiga destinasi pariwisata unggulan dimaksud di antaranya Danau Khayangan atau Danau Buatan, heritage Sungai Siak dan Kampung Okura.

1. Danau Khayangan

Loading...

Objek wisata Danau Khayangan yang sebelumnya dikenal dengan nama Danau Buatan ini terletak di wilayah Kelurahan Lembah Sari, Kecamatan Rumbai Pesisir.

Pemandangan alam di sekitar danau ini memiliki panorama yang indah, sejuk dan nyaman. Dengan pemandangan di sekitar danau yang sangat memukau, tentu sangat cocok bagi Anda khususnya yang memiliki hobi fotografi.

Kini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru tengah merancang Danau Khayangan dengan luas lahan 14 hektare itu sebagai destinasi wisata milenial.

"Jadi kalau kami lihat, sekarang milenial tidak mau menginap di hotel. Maka kami akan buat tenda yang bagus dilengkapi AC (pedingin ruangan) dan juga akan kami siapkan kuda di lokasi Danau Khayangan," ujar Nurfaisal.

2. Sungai Siak

Untuk objek wisata unggulan kedua ini, nantinya pemerintah kota melalui Dinas Pariwisata akan membangun Metropolitan Waterfront City di pinggiran Sungai Siak, yang merupakan sungai terdalam di Indonesia ini.

Tujuan pembangunan tersebut untuk membangkitkan potensi pariwisata Pekanbaru dengan menjual pesona Sungai Siak.

"Waterfront City membentang di pinggir Sungai Siak di Kelurahan Kampung Bandar, Kecamatan Senapelan dengan luasan lahan mencapai 100 hektare," kata Walikota Pekanbaru Firdaus.

Nantinya, kata walikota, Sungai Siak akan dijadikan ikon Pekanbaru mengingat Sungai Siak dan Kecamatan Senapelan memiliki banyak sejarah pada zaman kerajaan Siak Sri Indrapura.

Pesona sungai dengan unsur budaya melayu dan nuansa islam akan dihadirkan di kota yang dijuluki metropolitan madani itu. Nantinya, akan dibangun hotel, apartemen, industri ekonomi kreatif, dan tempat rekreasi lainnya.

3. Kampung Okura

Objek wisata Kampung Okura ini tak kalah menarik untuk Anda kunjungi bersama keluarga untuk mengisi waktu libur. Di lokasi ini nuansa wisata yang disajikan masih sangat alami.

Okura sendiri merupakan salah satu kelurahan yang terletak di Kecamatan Rumbai Pesisir. 

Untuk menuju ke kawasan wisata ini, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit melalui jalan darat. Lokasi juga dapat Anda akses melalui jalur sungai, yakni melalui Pelabuhan Sungai Duku dengan jarak tempuh sekitar 1 jam.

Kepala Disbudpar Pekanbaru Nurfaisal mengatakan, nantinya di kawasan ini akan turut dibangun Kampung Kuda bekerjasama dengan Akademi Kuda di Malaysia.

"Mereka bersedia membawa kudanya. Karena kuda mereka ada 3.000 di Sumbawa dan 1.000 di Papua. Di sana akan kami benahi. Setiap masyarakat akan memelihara kuda. Akan dibuat pabrik pakan kuda. Karena pakan terbaik di Riau dari sagu Meranti. Juga akan dibuat pabrik kapsul ekstrak susu kuda," ungkapnya. 




Baca Juga Topik #wisata+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+