Turis melompat di objek wisata Pulau Sironjong Kecil, Gugusan Pulau Mandeh, Sumatera Barat (Foto Kementerian Pariwisata)

Objek Wisata Ini Pernah Dipromosikan Jokowi

Sabtu, 09 Maret 2019 - 17:39:37 WIB

Tirainews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempromosikan wisata Pulau Sironjong Kecil. Destinasi yang berada di Kepulauan Mandeh, Sumatera Barat itu memang unik dan eksotik. Jokowi mengungkapkan keelokan objeknya serta berbagi kiat cara mengakses ke sana.

Melalui akun Instagram @Jokowi, Kepala Negara mengunggah sebuah foto seorang turis melompat dari tebing langsung ke laut yang jernih hijau dengan pepohonan sekelilingnya.

“Seorang wisatawan melakukan aksi cliff jump, melompat dari tebing, langsung ke laut yang berair jernih Pulau Sironjong Kecil, satu dari gugusan pulau Mandeh di Pesisir Selatan, Sumatra Barat,” tulis Jokowi dalam keterangan fotonya, Jumat (8/3/2019).

Untuk melompat dari titik ini, lanjut Jokowi, terdapat anak tangga ke puncak tebing, untuk melompat dari ketinggian lima sampai 20 meter.

Loading...

Cliff jump hanya salah satu yang bisa dilakukan wisatawan di gugusan pulau-pulau Mandeh. Wisatawan juga bisa snorkling atau sekadar berkeliling dengan perahu nelayan menikmati panorama indah Mandeh.

“Senang menyelam? Di bawah perairan Mandeh di Pulau Cubadak, bisa disaksikan bangkai kapal MV Boelongan, kapal milik Belanda yang tenggelam dibombardir oleh pesawat tempur Jepang pada 1942,” sebutnya.

Selain Pulau Sironjong Besar dan Sironjong Kecil, di gugusan Pulau Mandeh juga ada Pulau Traju, Pulau Setan, hingga Pulau Cubadak. Seluruh pulau-pulau ini cantik, dengan perbukitan hijau nan alami.

Lalu, bagaimana mencapai gugus pulau Mandeh yang sudah saya tetapkan sebagai Kawasan Wisata Terpadu pada 10 Oktober 2015 itu?

“Mandeh bisa dicapai melalui jalur darat dua jam dari Kota Padang. Setiba di Pelabuhan Carocok Tarusan, ada banyak perahu nelayan yang siap membawa wisatawan untuk berpesiar menikmati ombak, air yang jernih, dan hembusan angin laut pulau-pulau Mandeh.”

Unggahan Jokowi mengundang lebih dari 218 ribu like dan beragam komentar.

“Terima Kasih Pak @jokowi, telah meningkatkan pariwisata di Sumatera Barat,” komentar akun @rudie_cihuy.

Akun @josmaneli menulis “Mantap... Ini kawasan wisata di tempat aku pak.. Semoga Bapak sekeluarga sehat selalu n semoga bisa 2 periode..”

Selain itu, netizen juga meminta pemerintah memperhatikan harga tiket pesawat domestik yang mahal dan berpengaruh terhadap pariwisata dalam negeri.

“Pak @jokowi tolong tiket pesawat domestik masih mahal banget nich... gimana bisa jelajah nusantara kalau tiket pesawat domestik lebih mahal dr pd tiket ke luar negeri. Masak tiket dr jakarta jogja lebih mahal dr pd tiket jakarta Kualalumpur. Tolonggg..” komen @heny_marwati.




Baca Juga Topik #wisata+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+