Foto: net

Pemko Harap Pekanbaru Punya Perda Layak Anak 

Selasa, 12 Maret 2019 - 18:21:12 WIB

Tirainews.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berharap, Kota Bertuah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Kota Layak Anak. Sebab, perlindungan hukum untuk anak sangat penting. 

"Ada beberapa tahapan lagi yang harus kita lakukan, mudah-mudahan Ranperda ini bisa segera dilakukan pembahasan dan disahkan menjadi Perda penyelenggaraan kota layak anak," kata Ayat Cahyadi, usai Rapat Paripurna, Selasa (12/3/2019). 

Ranperda penyelenggaraan Kota Layak Anak ini, kata Ayat mengacu kepada 31 indikator yang terutuang di dalam Undang-Undang perlindungan anak . Setelah adanya Perda ini, diharaokan indikator yang harus dipenuhi bisa tercapai yaitu adanya regulasi atau peraturan. 

"Kemudian disusul fasilitas atau sarana bermain anak yang harus ditingkatkan oleh Dinas atau SKPD terkait," jelasnya.

Loading...

Lanjutnya, persoalan yang menyangkut dengan lingkungan anak cukup beragam dan perlu menjadi perhatian semua pihak. Dinsos dan Satpol PP harus bersinergi untuk mensosialisasikan kepada masyarakat terkait hak-hak anak dan perlindungan anak yang harus dipenuhi. 

"Makanya kita intsruksikan Dinsos dan Satpol PP untuk gencar melakukan penertiban dan pembinaan terutama yang merupakan warga Kota Pekanbaru, yang bukan tentunya dikembalikan ke daerah asal," kata Ayat. 

Ketika ada oknum orang tua yang memperkerjakan anak di bawah umur, seperti di lampu-lampu merah ini menjadi perhatian Pemko Pekanbaru. "Ini menjadi tugas kedua instansi itu," jelasnya.




Baca Juga Topik #riau+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+