Ilustrasi (net)

Pemko Pekanbaru Harap Ranperda Pemekaran Kecamatan Dibahas

Selasa, 12 Maret 2019 - 18:39:53 WIB

Tirainews.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berharap rancangan peraturan daerah (Ranperda) pemekaran kecamatan segera dibahas. Sebab, pemekaran kecamatan dianggap sudah urgen untuk dilakukan demi melayani masyarakat. 

"Untuk pemekaran kecamatan kami rasa tidak sesulit pemekaran kelurahan yang 83," kata Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi usai memberi jawaban terhadap tiga Ranperda Kota Pekanbaru yaitu Ranperda Kota Pekanbaru Tentang Pembentukan Kecamatan, Ranperda Kota Pekanbaru Tentang Izin Membuka Tanah di Kota Pekanbaru dan Ranperda Kota Pekanbaru Tentang Penyelenggaraan Kota Layak Anak pada Selasa, (12/3/2019) di Gedung Paripurna DPRD Kota Pekanbaru. 

Lanjutnya, jika DPRD setuju, sudah sangat bisa lakukan pembahasan. Terkait sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk kecamatan yang baru, Pemko Pekanbaru akan melakukan penganggaran. 

"Paling nanti ada benambahan sarana dan prasarana seperti Kantor Camat yang bakal kita anggarkan bersama," jelasnya. 

Loading...

Kajian untuk pemekaran kecamatan sudah dilaksanakan sejak tahun 2017 lalu. Untuk draft Ranperda pemekaran ini sudah diajukan sejak tahun 2018 lalu. 

"Tahun ini mudah-mudahan diprioritaskan untuk dibahas oleh tim yang ada di DPRD, yaitu tim pansusnya. Itu yang menjadi harapan kami," kata dia. 

Pemko Pekanbaru sendiri menargetkan, pemekaran tiga kecamatan ini sudah terlaksana pada tahun 2020. "Di dalam perjalanannya nantinya, jika ada kekurangan akan kita lengkapi," kata dia. 

Untuk diketahui, Kota Pekanbaru sekarang memiliki 12 kecamatan, yakni Kecamatan Marpoyan Damai, Tampan, Payung Sekaki, Pekanbaru Kota, Rumbai, dan Rumbai Pesisir.

Kemudian, Kecamatan Sail, Tenayan Raya, Limapuluh, Senapelan, Sukajadi dan Bukit Raya. Kecamatan yang dimekarkan dan berganti nama di antaranya Kecamatan Tampan, Rumbai Pesisir, Rumbai dan Tenayan Raya.

Nama Kecamatan Tampan akan dihapuskan, karena pertimbangan nama yang sama dengan salah satu kelurahan di Kecamatan Payung Sekaki. Sebagai gantinya, nama Kecamatan Tampan diubah menjadi Kecamatan Binawidya.

Sedangkan kecamatan baru hasil pemekaran dinamakan, Kecamatan Tuah Madani. Pertimbangan nama itu lantaran di wilayah itu identik dengan kampus Universitas Riau. 

Wilayah Kecamatan Tenayan Raya, akan dimekarkan menjadi dua kecamatan yakni Kecamatan Kulim dan Kecamatan Tenayan Raya.

Sedangkan nama Kecamatan Rumbai Pesisir diganti dengan nama Kecamatan Rumbai. Sebab, berdasarkan historis, wilayah Rumbai memang berada di lokasi Kecamatan Rumbai Pesisir saat ini.

Sedangkan, Kecamatan Rumbai yang sekarang, berganti nama menjadi Kecamatan Rumbai Barat. Untuk wilayah pemekaran Kecamatan Rumbai Pesisir nantinya bernama Rumbai Timur yang mana wilayahnya dari Jalan Sembilang hingga ke Limbungan, sehingga nanti ada tiga kecamatan baru.




Baca Juga Topik #riau+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+