Foto : doc. Tirainews.com

Relokasi Pedagang Jalan Teratai Kota Pekanbaru Belum Ada Kejelasan 

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:35:43 WIB

Tirainews.com - Relokasi pedagang di Jalan Teratai ke Pasar Higienis sampai kini belum ada kejelasan. Rapat terakhir Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru pada 15 Januari 2019 lalu, belum ada hasil. 

Relokasi pedagang ini sudah dilakukan sejak tahun 2016 lalu, namun para pedagang kembali berjualan ke jalan. Begitu juga pada tahun 2018. Para pedagang sudah menempati pasar Higienis eks sekolah dasar itu, namun kembali ke jalan dengan alasan sepi. 

Saat rapat terakhir itu, Pemko membahas beberapa faktor yang menyebabkan pasar sepi dan pedagang kembali ke jalan. Diantaranya masih adanya pedagang yang berjualan di emperan toko di sepanjang Jalan Teratai. 

Pemko Pekanbaru juga menyurati pemilik toko agar tidak menyewakan halaman toko kepada pedagang. Selain itu, adanya tembok penghalang di depan pasar Higienis membuat pembeli enggan masuk dan berbelanja ke dalam pasar. . 

Loading...

Pemko Pekanbaru juga berencana merobohkan pagar tembok setinggi 2 meter itu. Untuk merobohkan aset milik pemerintah ini, Pemko sudah memproses penghapusan aset

Pantauan Kamis (21/3/2019) pagi, gedung bekas Sekolah Dasar yang dijadikan pasar itu masih tampak sepi. Tembok penghalang yang dikeluhkan pedagang tak kunjung dirobohkan. Beberapa orang terlihat melepas lelah di los-los yang disediakan. 

Kepala Satpol PP Pekanbaru Agus Pramono saat dikonfirmasi mengaku masih menunggu koordinasi dari Disperindag Kota Pekanbaru untuk menertibkan kembali pedagang-pedagang yang tetap berjualan di pinggiran jalan. Sebab, wewenang untuk memasukkan pedagang ke Pasar Higienis merupakan milik Disperindag.

"Saya kan dalam posisi jangan jualan di sini (melarang), silahkan ke pasar Higienis atau pasar lain kalau memang tempatnya tidak cukup. Tetapi kalau yang masuk ke Pasar Higienis itu kewenangan Disperindag, dia yang mencatat nama-namanya (pedagang, red)," kata Agus Pramono.

Menurut Agus, anggotanya yang memantau ketertiban di Jalan Teratai dan sekitarnya masih rutin melakukan pengecekan. Sejauh ini belum ada laporan dari masyarakat maupun timnya terkait keluhan ketertiban di jalanan sekitar pasar tersebut.

"Pantauan saya sampai sekarang masih lancar saja, tidak ada masalah kecuali ada laporan masyarakat. Tim kita juga memantau rutin, jadi kalau ada apa-apa ya kita akan turun tertibkan, tapi kalau masalah pasar Higienis sepi, tanyakan sama Disperindag," tegasnya. 

Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut saat dikonfirmasi via WhatsApp, sedang berada di luar kota. Ditanya lebih lanjut, soal relokasi pedagang Ia tidak menjawab. 

"Lagi di Bandung," jawab Ingot.




Baca Juga Topik #riau+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+