Foto: ist

Bawaslu Pekanbaru Bidik 80 APK Langgar Aturan

Senin, 01 April 2019 - 19:03:45 WIB

Tirainews.com - Menjelang Pemilu 17 April mendatang, Bawaslu Kota Pekanbaru tertibkan alat peraga kampanye (APK) jenis baliho yang dipasang di bilboard berbayar. Sebelumnya, Bawaslu Pekanbaru juga sudah pernah melakukan hal serupa. 

Kali ini, ada sekitar 80 baliho yang telah terdata. Penertiban sudah dimulai sejak Senin (1/4/2019). Penertiban ini dimulai dari sekitar Pasar Buah, Jalan Jenderal Sudirman.

"Menjelang hari puncak, nampaknya baliho-baliho caleg yang dipasang di billboard ini semakin marak. Kemarin saja kita data ada sekitar 80an dari 10 kecamatan di Pekanbaru yang langgar aturan itu," kata Komisioner Bawaslu Pekanbaru Yasrif Yakub Tambusai, disela penertiban.

Dia menjelaskan, penertiban APK ini tidak dilakukan hanya dalam sehari saja. Sementara dalam hari ini, pihaknya menargetkan untuk dapat menertibkan setidaknya 35 APK.

Loading...

"Kita hari ini mencoba menertibkan sekitar 35 baliho. Kita tidak hanya targetkan yang ada di jalan protokol, tapi nanti panwaslu juga akan coba sisir yang ada di jalan - jalan kecil," jelasnya.

Penertiban APK ini karena memasukkan citra partai atau dirinya sebagai caleg. APK di paparan reklame berbayar dibolehkan jika para caleg menyiasati pemasangan foto pasang tanpa embel-embel caleg tapi atas nama ketua organisasi. 

"Itu tidak masalah. Sepanjang tidak mengidentifikasi bahwa dia caleg. Kalau menampilkan sebagai pengurus partai, itu masih kami toleransi," papar Yasrif.

Penertiban APK kali ini tidak hanya untuk papan reklame berbayar saja. Namun, penertiban juga dilalukan untuk APK di gang-gang pemukiman warga.

"Ada pula APK caleg yang membawa nama orang tuanya. Jadi, APK yang tidak ada hubungannya dengan tokoh partai, itu juga akan kami tertibkan. Penertiban juga dilakukan di  pohon-pohon dan tiang listrik," jelasnya. 




Baca Juga Topik #politik+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+