Ilustrasi (net)

Pelapisan Jalan di Pekanbaru Habiskan Anggaran Miliaran Rupiah

Senin, 06 Mei 2019 - 15:07:42 WIB

Tirainews.com - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR)  sedang menyelesaikan administrasi untuk tender tiga titik jalan yang akan dioverlay atau penglapisan aspal jalan. 

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan dokumen lelang saat ini sudah dipersiapkan. Ia perkirakan, dalam minggu ini tender tersebut sudah tayang di Unit Layanan Pengadaan (ULP). 

"Overlay sedang proses lelang, dokumennya bentar lagi dokumennya masuk ke ULP. Minggu ini mungkin sudah tayang," kata Indra, Senin (6/5/2019). 

Lama waktu lelang ini, diperkirakan Indra akan berlangsung selama 20 hari. Pekerjaan lelang sendiri diperkirakannya sudah mulai akhir bulan ini. 

Loading...

"Kalau lelang minimal 20 hari lebih, mudah-mudahan akhir bulan ini sudah mulai jalan," kata dia. 

Lanjutnya, ada tiga titik jalan yang akan dioverlay. Tiga titik tersebut di antaranya Jalan Dharma Bakti, Jalan Suka Wiradarma dan Jalan TPA Muara Fajar. 

"Overlay paling 2-3 Minggu selesai, sepanjang dasar dan pondasinya kuat. Anggarannya cuma Rp1,5 miliar sampai Rp2 miliar aja setiap paketnya," kata dia. 

Kata dia, upaya tambal sulam tidak mungkin diberlakukan di jalan tersebut. Ada rencana panjang jalan yang akan masuk proses overlay mencapai satu kilometer.

"Kerusakannya sudah terjadi bertahun-tahun. Bahkan kerusakannya capai 40 persen, maka akan kami overlay," jelasnya. 

Menurutnya, penyebab sejumlah ruas jalan ini rusak berat lantaran kawasan itu tidak punya saluran air. Kondisi ini membuat air kerap menggenangi jalan saat hujan deras mengguyur kota.

Pondasi pada sejumlah ruas jalan ini juga sudah rusak. Akibatnya kerusakan jalan ini pun makin parah. Sehingga tidak bisa lagi diperbaiki dengan cara tambal sulam.

"Pengerjaan overlay juga dilakukan di Jalan Bukit Pasir, Jalan Rawa Bening, Jalan Mustafa Yatim, Jalan Baru dan Jalan Cemara," ujarnya. 




Baca Juga Topik #riau+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+