Ilustrasi (net)

Jelang Lebaran, Permohonan PKB Tembus 400 Kendaraan Perhari

Jumat, 31 Mei 2019 - 17:13:02 WIB

Tirainews.com - Menjelang hari raya Idul Fitri atau lebaran, permohonan Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) atau KIR melonjak. Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) PKB Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru mencatat, pengurusan mencapai 400 unit kendaraan dalam satu hari. 

Kepala UPTD PKB Dishub Pekanbaru, Muhammad Nasri mengatakan, permintaan permohonan uji KIR kendaraan bermotor ini beragam. Mulai dari kendaraan angkutan barang dan angkutan umum lebaran. 

"Menjelang libur lebaran ini, dalam satu hari kami melayani pengurusan uji KIR kendaraan mencapai 400 unit kendaraan," kata Nasri, Jumat (31/5/2019). 

Jumlah ini jauh meningkat pada hari biasanya. Peningkatan ini mencapai tiga kali lipat, ini disebabkan karena libur lebaran cukup lama. Untuk itu, para angkutan umum yang masa uji KIR nya habis bertepatan dengan libur lebaran, pengurusannya dimajukan sebelum libur lebaran. 

Loading...

"Kemudian juga para pengusaha angkutan umum, seperti PO Bus yang menambah armada angkutan lebarannya, juga harus melakukan uji KIR terlebih dahulu," kata dia. 

Kata dia, peningkatan permohonan uji KIR jelang libur lebaran ini, didominasi oleh kendaraan angkutan barang, dan angkutan lebaran. Kendaraan yang akan uji KIR, harus melewati serangkaian pengecekan terlebih dahulu oleh petugas. 

"Seperti pengecekan rem, tes kebisingan, pengecekan lampu-lampu kendaraan, pengecekan gas buang, dan tingkat kedalaman ban kendaraan," kata dia. 

Jika kendaraan tersebut tidak memenuhi kelengkapan atau syarat KIR, maka Dishub tidak mengeluarkan izin KIR kendaraan tersebut. Kendaraan tersebut tidak diperkenankan untuk beroperasi, karena dianggap tidak layak jalan. 

"Kalau sudah seperti itu kan kita khawatirkan akan berpotensi kecelakaan di jalan raya dan membahayakan keselamatan orang banyak," jelasnya. 

Nasri juga mengimbau kepada pemilik kendaraan angkutan umum maupun angkutan barang, dan kendaraan plat kuning lainnya, agar melakukan Pengujian Kendaraan bermotornya setiap enam bulan sekali, guna keselamatan di jalan raya. 




Baca Juga Topik #riau+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+