Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT

Kinerja Beberapa OPD di Pemko Pekanbaru Menurun

Selasa, 11 Juni 2019 - 14:59:36 WIB

Tirainews.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menggelar rapat persiapan untuk penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2018, Selasa (11/6/2019). Hasilnya, penilaian sementara di internal Pemko itu, kinerja di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menurun. 

Hasil penilaian kinerja itu dibacakan langsung Inspektur Inspektorat Syamsuwir. Hasil penilaian itu, banyak disanggah oleh Kepala OPD yang merasa tidak sesuai dengan kinerja yang sudah dilakukan. Salah satunya, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Burhan Gurning. 

Mereka yang menyanggah rata-rata meminta masukan dan pendampingan dalam penilaian kinerja. Sebab, mereka merasa sudah bekerja secara maksimal. 

Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT usai rapat mengatakan, sebenarnya secara implementasi aktualisasi pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan cukup baik. Tetapi pelaporan yang dilakukan OPD tidak baik.

Loading...

"Kalau di dalam administrasi ini, yang menjadi penilaiannya itu di pelaporan. Kita bekerja tetapi tidak dilaporkan, itu sama artinya dengan tidak bekerja," kata dia. 

Begitu juga sebaliknya, ketika bekerja dengan baik, tetapi di pelaporan tidak baik, itu artinya pekerjaan tidak baik. Oleh sebab itu, kata dia, OPD harus bekerja baik, dan laporannya juga harus baik. 

"Sehingga baru kita bernilai baik. Inilah yang harus kita lakukan," kata dia. 

Ia juga mengungkap, pada penilaian tahun 2017 lalu. Penilaian terhadap Pemko Pekanbaru saat itu mendapat ranking 4 se-Indonesia, dari 500 Kabupaten Kota dan provinsi, tetapi begitu dinilai per OPD, banyak yang rendah. 

"Maka kita maunya konsisten. Secara per OPD kita harus baik semua, sehingga secara keseluruhan di Pemko itu baik," jelasnya. 

Jadi, sambungnya, mana kelemahan-kelemahan dari OPD itu dievaluasi dan juga SDM yang terbatas dalam penyusunan laporan harus ditambah. "Mungkin tenaga PNSnya tidak cukup kita rekrut teman-teman yang memiliki keahlian di IT, ini yang kita sebut konsultan perorangan," kata dia. 

Pada penilaian internal untuk 2018 ini, kata dia, OPD yang dapat nilai BB baru dua OPD. "Kita evaluasi Februari lalu untuk pelaporan 2018, masih berproses belum selesai. Itu yang dipaparkan tadi, ada yang D. Kita targetnya semuanya dapat nilai minimal 70 atau BB," jelasnya. 

Ia meminta, seluruh OPD dapat bekerja dengan baik sebelum penilaian dilakukan oleh pemerintah pusat dalam hal ini Menpan RB. Ia juga mewanti-wanti kepala OPD, bahwa penilaian ini akan berpengaruh terhadap evaluasi Kepala OPD. 

"Kita masih punya waktu 20 hari untuk perbaiki dan menyempurnakan laporan kita sebelum tim Menpan RB turun secara acak ke lapangan," tegasnya.




Baca Juga Topik #riau+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+