Ilustrasi (net)

Kerja Pakai Gadget? Begini Cara Jaga Mata Agar Tetap Sehat

Rabu, 19 Juni 2019 - 06:50:54 WIB

Tirainews.com - Gadget berbentuk ponsel atau tablet jadi salah satu hal yang sangat penting dan nyaris tak bisa lepas dari kehidupan manusia modern saat ini. Ditambah lagi, bukan hanya orang dewasa, saat ini gadgetjuga  banyak digunakan oleh anak-anak untuk bermain games.

Padahal, gadget sangat berbahaya untuk kesehatan mata jika digunakan terlalu lama.

Menatap layar gadget dan komputer serta sejenisnya bisa menyebabkan gangguan seperti Computer Vision Syndrome (CVS), astenopia (mata lelah) dan dry eye (mata kering).

Karena itu, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mata tersebut. Simak ulasannya berikut ini:

Loading...

Atur pencahayaan ponsel

Saat ini banyak ponsel pintar yang sudah bisa mengadaptasi pencahayaan layar disesuaikan dengan kondisi sinar di sekitar. Hal itu juga berlaku saat berada di luar ruangan, sehingga kita bisa melihat ponsel bahkan saat matahari terik.

Meski begitu, kadang cahayanya tetap tidak terasa nyaman di mata kita karena masih terang berlebihan. Oleh karena itu, usahakan cahayanya disesuaikan dengan mata.

Selain itu, pastikan untuk memakai penerangan yang cukup di dalam ruangan saat menggunakan ponsel di malam hari dan tidak menggunakannya di ruangan yang gelap.

Gunakan font raksasa

Ditambah lagi, jangan malu meski huruf yang digunakan di ponsel adalah ukuran terbesar yang membuat kamu terlihat tua .

Ukuran yang besar membuat tulisan di ponsel jadi lebih mudah dibaca dan membuat beban mata saat menatap layar berkurang.

Hal ini bisa mencegah masalah penurunan penglihatan yang tidak bisa dihindari karena faktor usia.

Atur waktu istirahat

Pakar kesehatan menyarankan metode 20-20-20 saat menggunakan ponsel, yakni mengistirahatkan mata dari layar ponsel atau gadget lainnya selama 20 detik setelah memakainya selama 20 menit.

Kita bisa mengalihkan pandangan dari layar ponsel dan menatap benda yang berjarak 20 kaki atau lebih dari 6 meter dari posisi kita.

Jarak antara mata ke ponsel juga ternyata memiliki jarak ideal antara 30 sampai 40 cm. Pastikan kamu menjaga jarak tersebut saat menggunakan ponsel.

Selain itu, posisi juga ternyata penting dalam menggunakan gadget, posisi gadgettidak boleh sejajar dengan mata agar mata tetap sehat dan terjaga.

Istirahat sejenak dari laptop/komputer

Bagi kamu orang kantoran yang setiap hari bekerja menggunakan laptop atau komputer, perhatikan juga urusan jadwal istirahat mata. Istirahatkan mata selama 10 menit usai sejam penuh menatap komputer.

Kalau bisa keluar ruangan, kamu juga bisa memilih melihat yang hijau-hijau bahkan olah raga kecil, yang bukan hanya bermanfaat bagi mata namun juga kesehatan tubuh.

Konsumsi vitamin dan sayuran untuk mata

Asupan nutrisi juga sangat penting dalam menjaga kondisi kesehatan mata. Usahakan mengonsumsi vitamin yang secara spesifik untuk mata. Apalagi kalau kamu sudah sering mengalami mata lelah atau mata kering.

Selain itu cobalah mengonsumsi banyak wortel baik di jus ataupun di sayur. Apalagi saat ini banyak pula makanan sehat ataupun minuman yang banyak mengandung wortel yang tentu akan sangat memudahkan bahkan kalau kamu tidak suka wortel.

Berkedip secara teratur

Menatap layar secara terus menerus akan membuat refleks berkedip kamu berkurang. Di sisi lain, kurangnya berkedip menyebabkan mata menjadi kering. Usahakan mengedip secara teratur, yang bukan hanya menjaga kesehatannya namun juga membuat pikiran jadi lebih rileks.

Selain itu, agar mata tidak cepat lelah kamu bisa mengaktifkan fitur mode malam pada perangkat elektronikmu atau mode baca di browser ketika kamu sedang berselancar di dunia maya. Cara ini ampuh untuk mengurangi efek cahaya biru yang dipancarkan oleh gadgetmu.

Saat ini sangat sulit untuk tidak menggunakan gadget secara berlebihan, pasalnya gadget bukan cuma digunakan untuk kerja namun juga hiburan dan mencari berita terbaru.

Kuy jaga kesehatan mata kamu dengan melakukan enam tips di atas secara rutin. Sebab dengan kondisi mata yang sehat, kamu bisa mengakses CekAja.com guna mencari produk keuangan yang kamu butuhkan untuk menjalani hidup sehari-hari, seperti kartu kredit, asuransi, kredit tanpa agunan (KTA), kredit pemilikan rumah/kendaraan, dan lain sebagainya.




Baca Juga Topik #kesehatan+
Business

Ingat... Kurang Tidur Bisa Bikin Gemuk

Senin, 22 Juli 2019
Business

4 Hal Ini Baik Dilakukan Saat Bangun Tidur

Senin, 15 Juli 2019
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+
Serba-serbi

Fantastis... VW Kodok Ini Dihargai Rp15 Miliar

Senin, 08 Oktober 2018
Serba-serbi

Diet Agar Bebas Jerawat, Kamu Perlu Tahu

Jumat, 09 November 2018
Serba-serbi

Garam Ternyata Bisa Bersihkan Karang Gigi, Begini Caranya

Senin, 18 Februari 2019
Serba-serbi

7 Kiat Hidup Sehat yang Perlu Kamu Ketahui

Rabu, 24 Oktober 2018
Serba-serbi

Pengen Kulit Lembut, Lemak Kakao Obatnya

Rabu, 31 Oktober 2018