Abdul Jamal

Peserta Didik Terdekat ke Sekolah Berpeluang Besar dalam PPDB

Rabu, 26 Juni 2019 - 17:42:44 WIB

Tirainews.com - Penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SD dan SMP dimulai pada 1 Juli hingga 4 Juli mendatang. Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru tidak menerapkan pembagian wilayah dalam sistem zonasi.

Mereka hanya menerapkan jarak sekolah terdekat. Artinya, mereka yang berada dekat dengan sekolah punya kesempatan untuk diterima dalam PPDB.

"Jadi sistemnya berdasarkan jarak. Mereka yang diterima sesuai daya tampung yang ada," kata Kepala Disdik Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, Rabu (26/6/2019).

Disdik sudah menyebar surat edaran, pasca menerima Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 3 tahun 2019 dan Permendikbud Nomor 20 tahun 2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru.

Loading...

Sejumlah poin disampaikan dalam surat edaran itu. Perubahan paling besar adalah kuota peserta didik yang masuk jalur zonasi berkurang. 

Kuota peserta didik lewat jalur zonasi saat ini capai 80 persen dari daya tampung. Ada pengurangan 10 persen dari kuota sebelumnya. Kuota yang bertambah bagi peserta didik lewat jalur prestasi. Kuotanya bertambah jadi 15 persen dari daya tampung.

Ada peningkatan sekitar 10 persen dari sebelumnya. Sedangkan kuota untuk dari luar kota tetap lima persen dari daya tampung. Para siswa yang hendak masuk jalur prestasi di bidang akademik rata-rata nilai USBN 95 sampai dengan 100 diberikan bobot 9 poin, untuk nilai 90 sampai dengan 94 diberikan bobot sebesar 8 poin.

Jamal menyebut perubahan ini terjadi sesuai evaluasi pihak kementrian. Pasalnya, ada sejumlah orangtua keberatan dengan kebijakan zonasi dalam PPDB. Kondisi ini terjadi di Surabaya dan Jakarta. Mereka keberatan banyaknya anak tempatan yang sekolah di dekat rumahnya.

Ia mengklaim, di Pekanbaru, daya tampung peserta didik baru masih mencukupi. Ada sekitar 15.000 peserta didik baru masuk ke SDN. Sedangkan daya tampung sekitar 14.845 peserta.

Sayangnya daya tampung SMPN di Kota Pekanbaru belum bisa menampung. Ada sekitar 15.000 peserta didik yang akan masuk SMP. Tapi daya tampung hanya sekitar 8.300 peserta didik. Ada kemungkinan sejumlah siswa bersekolah di SMP swasta.

Jamal juga mengingatkan bahwa PPDB siswa SD dan SMP tahun 2019 dimulai pada 1 Juli 2019. PPDB berlangsung hingga 3 Juli 2019. 




Baca Juga Topik #pendidikan+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+