Ilustrasi (net)

Puluhan Tahun Beroperasi, PT PSJ Diduga Tidak Miliki HGU

Kamis, 04 Juli 2019 - 12:25:03 WIB

Tirainews.com - Diduga tidak memiliki Hak Guna Usaha (HGU), Perusahan Perkebunan dan Pengelolaan Kelapa Sawit PT. Peputra Supra Jaya (PSJ) di Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan sudah beroperasional puluhan tahun.

Selain itu, diduga pihak perusahan menahan 200 hektar sertifikat milik masyarakat yang sudah selesai kerjasama dengan sistem KKPA. Tentunya hal tersebut sangat merugikan masyarakat.

Kepada Tirainews.com, Rabu (3/7/2019). Anggota Komisi II DPRD Propinsi Riau, Sugianto membenarkan bahwa PT. Peputra Supra Jaya (PSJ) sampai saat ini belum memiliki Izin HGU. Dia menilai bahwa hasil buah kebun yang tidak memilki izin HGU, dipastikan CPOnya ilegal.

"Tentunya, ini sudah merugikan negara. Selain itu, pihak perusahan juga sangat merugikan masyarakat sebab mereka menahan sertifikat 200 hektar milik masyarakat," terangnya.

Loading...

Sambung Sugianto, hal ini dilakukan untuk menyelesaikan pengaduan masyarakat kepada DPRD Riau. Dirinya ingin masalah ini dapat diselesaikan sampai tuntas.

Hal senada disampaikan, Ketua KAMMI Pelalawan, Tauhid Marifatullah S.Ip menyebutkan luar biasa perusahan ini berani beroperasional puluhan tahun, namun belum memiliki HGU. Kalau seperti ini sangat dirugikan sekali negara.

"Kita akan turun ke BPN Propinsi, untuk mempertanyakanya. Kebetulan kita akan sekalian ada aksi demo nantinya di BPN Propinsi, sekaligus mempertanya HGU PT. Peputra Supra Jaya (PSJ)," terangnya.

Selain itu, akan mempertanyakan apa alasan pihak perusahan menahan sertifikat 200 hektar milik masyarakat. Kalau memang perlu kita akan koordinasi dengan teman-teman di jawa untuk orasi disana agar cepat penyelesaiannya dan menjadi isu nasional.

Sementara itu, saat di komfirmasi humas PSJ enggan komentar. "Belum ada," singkatnya via whatsapp. 




Baca Juga Topik #riau+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+