Wakil Presiden RI menyematkan penghargaan Satya Lencana Karya Bhakti Praja Nugraha kepada Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT

Wapres Jusuf Kalla Sematkan Penghargaan Satya Lencana Karya Bhakti Praja Nugraha Kepada Walikota

Kamis, 18 Juli 2019 - 10:47:55 WIB

PEKANBARU - Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla menyematkan Penghargaan Satya Lencana Karya Bhakti Praja Nugraha kepada Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT. Walikota dua periode itu dinilai berhasil menciptakan tata kelola pemerintahan terbaik.

Penganugerahan diserahkan langsung Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, dalam rangkaian kegiatan Indonesia Internasional Smart City Expo and Forum (IISMEX) di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (17/7/2019).

Walikota Pekanbaru Firdaus, mengucapkan terimakasih atas penghargaan yang diberikan pemerintah pusat tersebut. Puji sukur tak lupa pula beliau sampaikan kepada Allah SWT.

"Alhamdulillah, terimakasih atas penghargaan terbaik ini," kata dia.

Loading...

Menurut Walikota, pemerintah yang bersih akan menghasilkan tata kelola pemerintahan yang baik, begitujuga sebaliknya. Dua ungkapan itu, kata dia, seperti semacam lingkaran. Bicara tentang tata kelola pemerintahan yang bersih, Wako, mengatkan, kalau dilihat dari fakta dan nyata, salahsatunya dari tata kelola keuangan, Kota Pekanbaru sudah emmpat tahun menerima PREDIKAT opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

"Itu salahsatu indikator Pekanbaru sudah memilik tata kelola pemerintahan yang bersih," jelasnya.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Pekanbaru, Firmansyah Eka Putra, menyebutkan, penghargaan tertinggi di bidang tata kelola pemerintahan itu hanya diterima oleh 5 kepala daerah se- Indonesia.

"Di antaranya Walikota Pekanbaru, Bupati Bintan, Bupati Pahubato, Wali Kota Cimahi dan Wali Kota Denpasar," ungkap Eka.

Kata Eka, Satya Lencana Karya Bhakti Praja Nugraha merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah pusat kepada kepala daerah yang telah melaksanakan praktik tata kelola pemerintahan dengan baik.

"Sejauh ini, nilai tata kelola Pemerintah Kota Pekanbaru berada di peringkat 51 se Indonesia. Sekarang berhasil menjadi 5 terbaik di bawah kepemimpinan bapak Dr H Firdaus MT," tutup Eka.

Sebelumnya, saat kegiatan penyerahan penghargaan Satya Lencana Karya Bhakti Praja Nugraha,  Wakil Presiden, Jusuf Kalla, mengucapkan selamat kepada walikota, bupati dan gubernur yang berhasil mendapatkan penghargaan tertinggi dari Presiden dalam hal pengelolaan manajemen pemerintahan.

"Saya ingin menyampaikan, ucapan selamat dan penghargaan apresisi kepada saudara bupati, wali kota dan gubernur yang pada pagi hari ini mendapat penghargaan Sapkarya Nugraha dan Satya Lencana Karya Bhakti Praja Nugraha," ujar Wapres JK saat memberikan penghargaan di Balai Sidang JCC, Jakarta Pusat.

Wapres menjelaskan prestasi tersebut didapat dengan cara yang tidak mudah, namun dengan kerja keras serta mengikuti sistem, aturan yang ada. Sebab penghargaan tersebut adalah upaya untuk mengurus daerah yang lebih baik. (Adv)




Baca Juga Topik #Pemko Pekanbaru+
Business

Pedagang di Pekanbaru Wajib Tera Ulang Timbangan

Ahad, 20 Oktober 2019
Business

Penjualan Tiket Bus TMP Rp49 Juta Perhari

Kamis, 17 Oktober 2019
Business

Siap-siap Pelaku Parkir Sembarangan Bakal Disanksi

Selasa, 15 Oktober 2019
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+