Foto : ist

Demo di Kantor Gubernur, Aliansi Aktivis Pelalawan Tuntut Tindak Tegas Pelaku Karhutla

Jumat, 09 Agustus 2019 - 14:15:05 WIB

Tirainews.com - Aliansi Aktivis Pemuda dan Mahasiswa Pelalawan seruduk Kantor Gubernur Riau, Jumat (9/7/2019). Aksi itu terkait Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi Kabupaten Pelalawan.

Pasalnya, akibat Karhutla kurang lebih 900 masyarakat di Kabupaten Pelalawan terjangkit Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA). Aliansi aktivis meminta pemerintah untuk menuntaskan permasalahan karhutla yang terjadi di Kabupaten Pelalawan. 

Terlebih beberapa pekan terakhir Kabupaten Pelalawan sebagai penyumbang api terbanyak di Propinsi Riau. "Kita sebagai agent of change untuk menyampaikan keluhan kepada pemerintah Propinsi Riau atas kondisi asap yang semakin parah di Kabupaten Pelalawan," tegas Koordinator Lapangan Aksi Dedi saat unjuk rasa di depan Kantor Gubernur Riau.

Dikatakan Dedi, sampai saat ini masyarakat Kabupaten Pelalawan sudah merasakan imbas dari kabut asap beberapa pekan terakhir.

Loading...

Sementara itu, Koordinator Umum Aksi Tauhid Marifatullah S IP, menegaskan pemerintah harus tegas dalam menyikapi permasalahan Karhutla. Sebab, setiap tahun terjadi Karhutla di Kabupaten Pelalawan.

"Kalau perlu cabut izin perusahan yang terbakar di kawasanya, sebab karena banyaknya lahan gambut di kawasan perusahan," terang Tauhid.

Ditambahkan Tauhid, pihaknya memberi tenggat waktu untuk pemerintah menyelesaikan masalah Karhutla. Jika selama 7 hari tidak adanya upaya pemerintah untuk menindak tegas oknum-oknum perusahan yang terbakar di kawasanya.

"Maka kami dari Aliansi Aktivis Pemuda dan Mahasiswa akan kembali menyampaikan aspirasi di Pemerintah Pusat," kata dia. 




Baca Juga Topik #Karhutla+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+