Ilustrasi (net)

Harga Mahal, Walikota Pekanbaru Minta Kurangi Makan Cabai

Ahad, 11 Agustus 2019 - 12:19:51 WIB

Tirainews.com - Harga Cabai Merah asal Bukittinggi mencapai Rp93 ribu perkilo. Tidak hanya cabai Bukittinggi, harga cabai asal Medan juga mengalami kenaikan. 

Kenaikan harga cabai Bukittinggi yang menjadi favorit warga Pekanbaru baru ini mencapai Rp13 ribu. Sehari sebelumnya, harga cabai merah Bukittinggi berkisar di angka Rp80 ribu perkilo. 

Selain cabai merah Bukittinggi, harga cabai merah asal Medan juga mengalami kenaikan. Tidak tanggung-tanggung, kenaikan mencapai Rp15 ribu. 

Sebelumnya, harga cabai merah asal Medan ini berkisar Rp75 ribu perkilo. Kini melonjak naik ke angka Rp90 ribu perkilo. 

Loading...

Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT mengatakan, saat ini inflasi terakhir Kota Pekanbaru sudah menyentuh angka 3,2. Ini termasuk tinggi dengan inflasi nasional. 

"Yang berkontribusi meningkatkan angka inflasi tadi adalah harga cabai," kata Walikota, Ahad  (11/8/2019). 

Walikota juga menyebut, kondisi itu bisa dimaklumi lantaran juga pengaruh musim yang merata di seluruh Indonesia. Termasuk centra penghasil cabai baik di Jawa mau pun di kabupaten yang ada di Sumatera Barat dan Sumatera Utara yang membuat harga cabai mahal. 

"Saran kurang kurangilah sedikit makan cabe tu," kata Walikota sambil tertawa. 

"Walau pun, lidah masyarakat Riau ini, kalau tak pedas belum makan," tambahnya. 

Kondisi musim kemarau ini kata dia juga berpengaruh pada panen petani di Centra Cabai. Untuk solusi Pemko Pekanbaru, Ia meminta memanfaatkan cabai kering untuk dikonsumsi. 

"Mungkin dengan suasana iklim yang seperti ini juga panen terganggu. Kalau persoalan cabai yang seperti ini hanya sedikit ruang gerak yang kami berikan. Paling kalau masih ada stok cabai kering ini kan bisa juga untuk sementara," jelasnya. 




Baca Juga Topik #Pemko Pekanbaru+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+