Ingot Ahmad Hutasuhut

Pasar Agus Salim Direvitalisasi, Pedagang Bakal Dipindahkan

Kamis, 22 Agustus 2019 - 15:31:10 WIB

Tirainews.com - Lelang Revitalisasi Pasar Impres atau Pasar Agus Salim (Pasar Pusat) sudah rampung. Pembangunan pasar di pusat Kota Pekanbaru senilai Rp1,5 miliar ini diperkirakan rampung akhir tahun ini. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, sebelum pekerjaan dimulai pihaknya menyosialisasikan kepada pedagang kaki lima (PKL) di kawasan itu agar pindah. 

"Kita sangat mengharapkan kerjasama dari semua pihak untuk kelancaran renovasi tersebut. Renovasi ini merupakan bagian dari program penataan kawasan Agus Salim atau Pasar Pusat. Diharapkan akhir tahun ini Jalan Agus Salim bebas dari PKL," kata Ingot, Kamis (22/8/2019). 

Revitalisasi pasar dilakukan lantaran kondisinya sudah tidak layak lagi. Kata dia, hanya ada beberapa pedagang saja yang masih bertahan di situ.

Loading...

"Memang kondisinya sudah kurang layak la. Tahun ini kita merenovasi itu menggunakan DAK (Dana Alokasi Khusus) yang bersumber dari APBN," jelasnya. 

Ia berharap, para berdagang yang masih di dalam pasar bisa mengosongkan sementara. Setelah selesai, pihaknya akan menempatkan kembali para pedagang. 

"Pembangunan akhir tahun selesai, kita akan menempatkan lagi ke dalam. Akhir tahun Jalan Agus Salim itu relatif bersih dari PKL," ujar Ingot. 

Disperindag juga akan menyiapkan tempat penampungan sementara, selama pasar direvitalisasi."Itu sudah dikondisikan oleh teman-teman di Bidang Pasar. Namun kita juga tidak bisa menyiapkan tempat penampungan yang sesuai dengan keinginan," jelas Ingot.

Lanjutnya, sosialisasi sudah dilakukan sejak lebih kurang hampir dua bulan ini. "Ada memang sedikit komunikasi yang harus lebih dipertajam. Pada prinsipnya peadagang itu mau (mengosongkan area)," tambahnya. 




Baca Juga Topik #Pemko Pekanbaru+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+