Abdul Jamal

80 Anak Imigran di Pekanbaru Diizinkan Sekolah

Kamis, 22 Agustus 2019 - 18:05:35 WIB

Tirainews.com - Setelah mendapat restu dari Pemerintah pusat, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru memberikan kesempatan anak imigran mengenyam pendidikan. Ada 80 anak imigran yang bakal sekolah di tingkat Sekolah Dasar.

Kepala Disdik Kota Pekanbaru Abdul Jamal mengatakan, pihaknya mulai survei sekolah yang dekat dengan penampungan imigran. Nantinya mereka ditumpangkan di sekolah terdekat. 

"Tapi bagaimanapun untuk pendidikan ini kita tetap mengutamakan anak warga Indonesia. Anak imigran itu hanya mengisi kekosongan kelas saja" kata Abdul Jamal, Kamis (22/8/2019).

Jamal menyebut, tidak akan menggunakan APBD maupun APBN. Namun dari International Organization for Migration atau Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM).

Loading...

"Tak perlu Dapodik (Daftar Pokok Pendidikan), karena mereka (anak imigran-red), statusnya cuma numpang," jelas Jamal.

Lanjutnya, untuk imigran usia remaja dan dewasa sudah mulai diberikan pelatihan-pelatihan untuk kegiatan positif. Hanya tinggal untuk yang reguler saja.

"Sudah kita survei, jumlah anak usia sekolah usia 0- 15 itu ada 80 orang dari lima penampungan," jelasnya. 

Jadi, nanti kalau mereka tamat tidak menerima ijazah. Mereka hanya menerima semacam surat keterangan pernah bersekolah.

"Kan kasihan juga kalau mereka sudah tinggal 5-6 tahun di Pekanbaru tapi tidak sekolah. Ini murni karena kemanusiaan," jelasnya. 




Baca Juga Topik #pendidikan+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+