Ilustrasi (net)

Antipasi Masalah Kewanitaan, Begini Cara Cek Kesehatan Organ Intim Kamu

Senin, 02 September 2019 - 06:54:56 WIB

Tirainews.com Kesehatan organ intim kewanitaan atau vagina merupakan salah satu hal yang sering dikesampingkan banyak orang. Hal ini mungkin baru disadari seseorang ketika masalah kesehatan di organ kewanitaan mereka sudah parah.

Beberapa orang tidak memahami masalah pada organ kewanitaan ini karena kurangnya pengetahuan yang mereka miliki. Banyak orang yang tidak mengecek kesehatan organ kewanitaan mereka dengan benar karen tidak tahu cara melakukannya.

Pengecekan terhadap organ kewanitaan ini sebenarnya bisa kamu lakukan sambil atau setelah mandi. Pengecekan ini sebaiknya juga dilakukan secara rutin untuk mencegah potensi masalah dan mengetahui kondisi yang kamu alami.

Pengecekan ini sangat penting karena sejumlah masalah kesehatan dan infeksi bisa terjadi. Ketika hal ini tidak diatasi dengan benar, bisa terjadi masalah kesehatan serius bahkan hingga membuatmu tidak subur.

Loading...

Terdapat langkah-langkah pengecekan kesehatan organ kewanitaan yang bisa kamu lakukan. Dilansir dari Her, berikut langkah-langkah yang bisa kamu terapkan untuk mengecek kesehatan organ intim yang kamu miliki.

Posisi yang Tepat

1. Pastikan untuk melepas pakaian yang kamu gunakan

2. Duduk di kasur atau di lantai dengan bersandar pada bantal yang menempel ke tembok. Buka paha dan rentangkan kaki selebar-lebarnya.

Lakukan Pemeriksaan Menyeluruh

3. Periksa sejumlah bagian dari vulva melingkupi klitoris, bagian dalam, dan luar labia. Perhatikan warna, bentuk, dan ukuran dari tiap bagian. Dengan cara ini kamu bisa mengenali dengan mudah jika muncul perubahan.

4. Waspada jika terdapat benjolan, rasa perih, atau pendarahan tanpa menstruasi yang terjadi pada vagina. Ketika hal ini muncul, segera temui dokter untuk memastikan kondisinya baik-baik saja.

Munculnya Bakteri

Salah satu masalah yang sering terjadi adalah munculnya bakteri di vagina. Masalah ini sangat umum terjadi dan biasa disebabkan karena ketidakstabilan pH dan bisa menyebabkan munculnya bau tidak familiar dan kondisi tak bisa lainnya. 




Baca Juga Topik #kesehatan+
Business

Diskes Pekanbaru Temukan 2.300 Kasus TB

Kamis, 31 Oktober 2019
Business

Begini Atasi Tenggorokan Kering Saat Bangun Tidur

Selasa, 08 Oktober 2019
Business

Ingat... Kurang Tidur Bisa Bikin Gemuk

Senin, 22 Juli 2019
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+
Serba-serbi

Ingin Hidup Sehat, Ikuti 5 Langkah Ini

Selasa, 12 Februari 2019
Serba-serbi

Ingin Beli AC? Perhatikan 4 Hal Ini

Rabu, 10 Oktober 2018
Serba-serbi

Pengen Kulit Lembut, Lemak Kakao Obatnya

Rabu, 31 Oktober 2018
Serba-serbi

Begini Atasi Tenggorokan Kering Saat Bangun Tidur

Selasa, 08 Oktober 2019
Serba-serbi

Bersihkan Karang Gigi Sekarang, Ini Bahayanya 

Sabtu, 10 November 2018