Ingot Ahmad Hutasuhut

Progres Pembangunan Pasar Induk Sudah 57 Persen

Selasa, 03 September 2019 - 22:19:26 WIB

Tirainews.com - Pengerjaan pembangunan pasar Induk Kota Pekanbaru saat ini masih berlangsung. Meski sempat terhenti, kini progresnya sudah mencapai 57 persen. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut menyebut, Pasar Induk yang terletak di Jalan Soekarno Hatta ujung diprediksi rampung di akhir tahun ini.

Pasar ini akan menampung pedagang partai besar. Aktivitas bongkar muat yang kini terpusat di kawasan Terminal AKAP akan dialihkan ke pasar Induk. 

"(Pembangunan) 57 persen. InsyaAllah diakhir tahun sudah clear," kata Ingot, Selasa (3/9/2019). 

Loading...

Ada beberapa dokumen administrasi yang harus diselesaikan, tentang perpanjangan masa pengerjaan pasar utu. "Tetapi harapan kita di akhir tahun ini sudah selesai, sehingga di awal tahun sudah bisa operasional," kata dia. 

Disperindag juga sedang menyusun regulasi tataniaga, serta retribusi komoditi di pasar itu. "Pasar Induk nanti lebih fokus kepada komoditi pangan. Pangan ini harus kita lakukan regulasi juga, sehingga masyarakat Pekanbaru dan sekitarnya bisa terlindungi untuk mendapatkan pangan yang baik dan dalam jumlah yang besar," jelasnya.

Pasar ini akan aktif 24 jam. Ada pembagian, pasar modern di siang hari, lantaran juga ada los. Selain itu ada pergudangan. Lebih kurang 700 kios ataupun los nantinya ada di dalam kawasan Pasar Induk.

"Saya kira sekitar 700 san, tetapi tidak satu jenis. Karena yang kita dorong kesana (Pasar Induk) itu grosiran," ujarnya.

Pedagang yang berminat berusaha dalam Pasar Induk, kata Ingot akan diatur mitra yang bekerjasama dengan Pemko Pekanbaru. "Tentu mitra kita yang merilis berapa nilai dan segala macamnya," jelasnya. 




Baca Juga Topik #Pemko Pekanbaru+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+