Foto : ist

45 Anggota DPRD Pekanbaru Periode 2019-2024 Resmi Dilantik, Ini Harapan Walikota

Jumat, 06 September 2019 - 17:47:18 WIB

Tirainews.com - Anggota DPRD Kota Pekanbaru periode 2019-2024 resmi dilantik melalui rapat paripurna, Jumat (6/9/2019) di gedung DPRD Pekanbaru Jalan Sudirman.

Dari 45 Anggota DPRD yang dilantik didominasi wajah baru. Dengan rincian 18 anggota DPRD incumben atau wajah lama dan 27 lainnya merupakan wajah baru.

Pembacaan sumpah janji dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pekanbaru, Saut Maruli Tua Pasaribu MH. Seluruh Anggota DPRD Pekanbaru yang disumpah tampak mengikuti kalimat sumpah dan janji yang dibacakan.

Usai pembacaan sumpah dan janji, melalui surat keputusan Gubernur Riau yang dibacakan Plt Sekretaris Dewan Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hamdani ditunjuk sebagai ketua sementara dan Wan Agusti politisi Gerindra sebagai Wakil Ketua sementara.

Loading...

Pada prosesi pelantikan ini juga dilaksanakan penyerahan palu pimpinan dan memori tugas dari ketua lama ke ketua baru. Ketua DPRD Kota Pekanbaru periode sebelumnya, Syahril di dampingi Wakil Ketua Sigit Yuwono dan Nofrizal menyerahkan palu dan memori tugas kepada Hamdani yang didampingi Wan Agusti.

Dilantiknya 45 anggota legislatif itu, diharapkan bisa bersinergi bersama Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menjalankan pembangunan. Harapan itu disampaikan Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT usai prosesi pelantikan anggota DPRD Pekanbaru hasil Pemilu Serentak 2019.

"Tentunya harapan kita setelah mereka dilantik dan dikukuhkan, tugas-tugas dalam pelayanan kepada masyarakat berjalan dengan lancar. Sehingga pembangunan dapat terlaksana dengan baik demi kesejahteraan masyarakat Pekanbaru," kata Firdaus.

Ia juga mengucapkan selamat kepada para anggota DPRD Pekanbaru yang dilantik. "Saya atas nama pribadi dan keluarga serta pemerintah kota mengucapkan selamat kepada DPRD Kota Pekanbaru periode 2019-2024 baik yang baru masuk begitu juga anggota lama yang dapat amanah masuk kembali," paparnya.

Disinggung banyaknya anggota DPRD Pekanbaru yang berusia muda, termasuk menantunya sendiri, Ia menyebut sangat diperlukan. "Yang muda itu lebih enerjik, pemikirannya tajam dan juga kritis. Ini dibutuhkan dalam membangun bangsa dan negara," kata dia.

Ia menambahkan, DPRD melekat sebagai unsur pemerintah, kecuali DPR RI. Di daerah, kata dia, selain sebagai legislator, DPRD juga memiliki fungsi sebagai pemerintah.

"Mereka (DPRD) bagian pemerintah, dan juga sebagai legislator. Fungsi legislator dilaksanakan dengan baik, tentu fungsi pemerintah juga dilaksanakan dengan baik. Harus sinergi dan harmonis dalam membangun pemerintahan agar ke depan pembangunan terlaksana dengan baik," paparnya.




Baca Juga Topik #politik+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+