Foto : ist

Pelayanan Publik di Pemko Pekanbaru Dapat Predikat Kategori Prima

Jumat, 08 November 2019 - 12:59:12 WIB

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Pekanbaru mendapat penghargaan atau predikat kategori Prima (A). Penghargaan di bidang pelayanan ini diberikan Kemenpan RB. 

Penghargaan ini adalah hasil evaluasi dari Kemenpan RB tentang layanan publik yang ada di Indonesia. Tim dari Kemenpan RB sudah melakukan penilaian di Kota Pekanbaru.

Proses penyerahan apresiasi ini berlangsung di Hotel Aston, Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (7/11/2019). Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) RI, Tjahjo Kumolo menyerahkan langsung kepada Walikota Pekanbaru, Firdaus MT. Kepala DPMPTSP Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil hadir mendampingi.

Firdaus mengucapkan kata syukur usai menerima apresiasi ini. Penghargaan ini memerlihatkan upaya pemerintah kota memberi layanan publik nan prima kepada masyarakat.

Loading...

Satu wujudnya adalah Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru. "Ini adalah upaya kami memberikan pelayanan prima dalam layanan publik," terangnya usai menerima penghargaan.

Firdaus berpesan agar DPMTSP Kota Pekanbaru terus meningkatkan layanan prima bagi masyarakat. Pemerintah kota juga terus berbenah untuk layanan kesehatan di RSD Madani Kota Pekanbaru. 

Kepala DPM-PTSP Kota Pekanbaru M Jamil mengatakan, penghargaan ini adalah hasil evaluasi dari Kemenpan RB tentang layanan publik yang ada di Indonesia. Tim dari Kemenpan RB sudah melakukan penilaian di Kota Pekanbaru.

"Evaluasi pelayanan publik yang dapat kategori A nilai tertinggi atau prima diraih DPM-PTSP. Capaian ini hanya diperoleh dua daerah yakni Pekanbaru dan Bogor," kata Jamil. 

Proses penyerahan apresiasi ini berlangsung di Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Menpan RB, Tjahjo Kumolo menyerahkannya langsung kepada Walikota Pekanbaru, Dr Firdaus MT.

"Pelayanan publik selain DPM-PTSP di Kota Pekanbarun memperoleh nilai B dan C. Menteri menyarankan kepada OPD terkait harus bersaing dengan daerah lain dengan layanan publik," jelasnya. 

Ada beberapa penilaian yang dilihat Tim Kemenpan RB, sehingga DPM-PTSP Kota Pekanbaru meraih nilai tertinggi. Apalagi saat ini sudah ada Mal Pelayana Publik (MPP) Pekanbaru. 

"Penilaian SDM yang bagus, sarana prasarana yang nyaman, aplikasi terintegrasi. Sehingga ketiga komponen ini dianggap Pekannaru layak untuk mendapatkan kategori layanan prima," jelasnya. (adv) 




Baca Juga Topik #MPP Pekanbaru+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+