Logo Tirainews.com

Konjen India Puji Investasi dan Pembangunan Kota Pekanbaru

Konjen India Puji Investasi dan Pembangunan Kota Pekanbaru

PEKANBARU - Rombongan Konsulat Jenderal (Konjen) India YM Raghu Gururaj berkunjung ke Kota Pekanbaru, Jumat (17/1/2020). Mereka disambut Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru di ruang VIP Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru. 

Konjen India menyatakan tertarik menanamkan investasi di KIT. Sebab, kata dia, Kota Pekanbaru merupakan capitalnya Pulau Sumatera. 

"Pekanbaru cocok untuk menjadi sister city New Delhi. Di sana Industri Farmasinya sudah berjalan, kami merasakan mafaatnya. Jadi saya rasa, banyak pebisnis di India tertarik untuk berinvestasi di Pekanbaru," kata Konjen India, Raghu Gururaj. 

Raghu Gururaj berjanji akan membawa investor dari India pada pertemuan berikutnya. Ia berharap KIT segera difungsikan. Ia menambahkan, Industri farmasi India merupakan salah satu yang maju di dunia. 

Di India, kata dia, ada sekitar 3.000 perusahaan farmasi yang memproduksi banyak produk. Mulai obat dari herbal, vaksin, obat generik, obat injeksi, hingga vitamin.

"Produk-produk farmasi buatan India diekspor ke lebih 150 negara termasuk Amerika Serikat, Kanada dan negera-negara Eropa," kata dia.

Rombongan itu disambut Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Kota Pekanbaru, Masriyah dan Kepala Diskominfo Kota Pekanbaru Firmansyah Eka Putra. Kata Eka, Pemko menyambut baik tawaran dari Konjen India tersebut. 

"Di KIT nanti kita juga menyediakan lahan untuk pabrik farmasi. Berarti ini sejalan," kata Eka.

Ia menambahkan, Pemko Pekanbaru akan mengajukan surat kunjungan ke India. "Kita tunggu dulu dari pihak Konsulat India, kota yang mana di sana, cocok untuk sister citynya Pekanbaru. Jadi bukan sembarang kunjungan saja, ada bekal yang dibawa pulang untuk perkembangan Kota Pekanbaru," jelasnya. (ADV)