Tim Pengabdian dan Mahasiswa Kukerta Unri Memberikan Teknologi Berbasis Solar Panel kepada Petani

Sabtu, 01 Agustus 2020 - 21:25:34 WIB

Tirainews.com - Petani serai wangi di Desa Siabu, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar kini tidak merasakan keresahan saat malam hari karena tidak dapat menikmati cahaya listrik. Adapun kegiatan rutinitas petani di desa setempat yaitu menyuling tanaman serai wangi. 

Adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Dosen dan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau (Unri), yaitu program pemasangan Solar Panel untuk membantu penerangan guna meningkatkan jumlah produksi minyak serai wangi. 

Mulanya proses penyulingan dilakukan pada siang hari disebabkan oleh akses yang cukup jauh dari pemukiman warga dan terhambatnya penerangan di kebun serai wangi. 

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kukerta Universitas Riau Dr Azriyenni ST M Eng menjelaskan bahwa solar panel adalah suatu media yang dapat berfungsi mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik. “Pemasangan solar panel sedapat mungkin berada di tempat yang terbuka dengan pengaturan kemiringan 30 sampai 40 derajat, sehingga dapat menghasilkan penyerapan cahaya matahari ke permukaan panel secara maksimal,” ujar Azriyenni.

Loading...

Sementara itu Marsono, Ketua kelompok tani sekaligus pemilik kebun serai wangi mengatakan bahwa pemasangan solar panel ini sangat membantu masyarakat khususnya petani serai wangi di Desa Siabu. “Biasanya pada malam hari kami sedikit kesulitan untuk mendapatkan pencahayaan untuk menyuling tanaman serai wangi karena lokasi kebun yang cukup jauh dari jaringan listrik PLN. Saya sangat berterimakasih kepada ibu dosen dan mahasiswa Kukerta dari Universitas Riau yang telah memberikan kontribusi di desa Siabu. Kami sangat mendukung seluruh program kegiatan guna pembangunan desa Siabu agar lebih maju,” ungkap Marsono.




Baca Juga Topik #Pendidikan+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+