Logo Tirainews.com

Mahasiswa Kukerta UNRI 2022 Ajak Murid SDN Bernas Binsus Ber-PHBS dan Belajar Mencegah DBD di Hari

Mahasiswa Kukerta UNRI 2022 Ajak Murid SDN Bernas Binsus Ber-PHBS dan  Belajar Mencegah DBD di Hari
Mahasiswa Kukerta UNRI 2022 Ajak Murid SDN Bernas Binsus Ber-PHBS dan Belajar Mencegah DBD di Hari Anak Nasional

Tirainews.com - Dalam rangka Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli, Mahasiswa Kukerta UNRI melakukan kegiatan sosialisasi ke SDN Bernas Binsus, Kelurahan Pangkalan Kerinci Barat, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan. Sosialisasi ini mengangkat materi tentang “Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Lingkungan Sekolah dan Upaya Pencegahan Penyakit Deman Berdarah Dengue (DBD) dengan Menerapkan 3M Plus”.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah program khusus dari pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Tujuan dari sosialisasi ini untuk memberikan pengetahuan dan menyadarkan siswa Sekolah Dasar khususnya Siswa/i SDN Bernas Binsus dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat, terutama di lingkungan sekolah.

Selain sosialisasi tentang PHBS, Mahasiswa Kukerta UNRI juga membawakan materi Upaya Pencegahan Penyakit Deman Berdarah Dengue (DBD) dengan menerapkan 3M Plus. Hal ini dilatarbelakangi dengan tingginya angka kasus DBD di tengah masyarakat Pangkalan Kerinci terutama di Kelurahan Pangkalan Kerinci Kota dan Pangkalan Kerinci Timur.

Menurut WHO, Penyakit Deman Berdarah Dengeu (DBD) merupakan suatu penyakit epidemi akut yang disebabkan oleh virus yang di transmisikan oleh Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Penderita yang terinfeksi akan memiliki gejala berupa demam ringan sampai tinggi, disertai dengan sakit kepala, nyeri pada mata, otot dan persendian, hingga pendarahan spontan.

Rangkaian kegiatan sosialisasi oleh Mahasiswa Kukerta di SDN Bernas Binsus hari ini diikuti oleh seluruh siswa/i dari kelas 1 sampai 6. Kegiatan ini dibuka dengan melakukan Senam Pagi bersama di lapangan. Kemudian, dilanjutkan dengan penyampaian materi sosialisasi menggunakan media flyer yang disebarkan, diikuti dengan penyerahan Spanduk PHBS & 3M Plus Upaya Pencegahan DBD, dan 10 Bibit Tanaman kepada pihak sekolah. Terakhir, acara ini ditutup dengan Gotong Royong yang disertai kegiatan menanam bibit tumbuhan di pekarangan sekolah.

“Alhamdulillah sangat baik dan anak-anak tadi sangat antusias pada saat kuis dan membawa bunganya pun cukup banyak dan semangat,” ungkap Suni Paseha selaku Kepala Sekolah SDN Bernas Binsus Pangkalan Kerinci Barat.

Sementara itu, Farhan Munif selaku Ketua dari Kelompok Mahasiswa Kukerta Kelurahan Pangkalan Kerinci Barat UNRI 2022 berharap, para Murid bisa menerapkan prilaku hidup sehat sejak dini. 

“Harapan besar dari kami Mahasiswa Kukerta UNRI dalam kegiatan ini, para murid dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dan penerapan 3M dengan baik sehingga dapat meminimalisasi angka kasus DBD di Pangkalan Kerinci,” pungkasnya.