Logo Tirainews.com

Mahasiswa Kukerta Terintegrasi Abdimas UNRI 2022 Gelar Acara Pembukaan di Desa Teratak

Mahasiswa Kukerta Terintegrasi Abdimas UNRI 2022 Gelar Acara Pembukaan di Desa Teratak
Mahasiswa Kukerta Terintegrasi Abdimas UNRI 2022 Gelar Acara Pembukaan di Desa Teratak

Tirainews.com - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Terintegrasi Abdimas Universitas Riau 2022 sukses gelar kegiatan pembukaan Kukerta di Desa Teratak, Kecamatan Rumbio Jaya. Suksesnya pembukaan ini menandakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan Kukerta Terintegrasi resmi dimulai. 

Kegiatan ini dilaksanakan di aula kantor Kepala Desa Teratak pada hari Senin (25/07/2022) yang dihadiri oleh Kepala Desa Teratak Etak Murlizar S.Sos., M.Ikom, aparat desa, kepala dusun yaitu dusun I Teratak M Saleh, dusun II Sumpadang Abu Nawar, dan dusun IV Pasubilah Timur Ali Asmar, beberapa ketua RT/RW, beserta beberapa perwakilan tiap dusun.

Kukerta Terintegrasi yang dilakukan oleh mahasiswa ini merupakan bagian dari PkM yang dilakukan oleh tim dosen yang terdiri dari 6 dosen yaitu Ir. Agus Ika Putra, Dipl.Eng, M.Phill, Prof. Dr. Ir. Ari Sandyavitri, MSc., Dr. Iswadi HR, S.T., M.T., Ph.D., Dr. Ir. Fajar Restuhadi, MSi., Dr. Febrizal, S.T., M.T., dan SA Nugroho, S.T., M.T. 

Pada tahun sebelumnya tim PkM dan Kukerta terintegrasi UNRI telah melakukan pendataan data penduduk melalui sistem informasi desa (SID), sedangkan Kukerta Terintegrasi Abdimas Universitas Riau pada tahun ini bertujuan untuk melakukan pemutakhiran data sarana dan prasarana desa dalam Sistem Informasi Desa (SID) untuk mendukung penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) pada Desa Teratak, Kecamatan Rumbio Jaya, Kabupaten Kampar.

Berbeda dari tahun sebelumnya yang hanya mengirim 1 kelompok beranggotakan 10 orang, tim kukerta tahun ini terdiri dari 3 kelompok beranggotakan 30 orang guna memaksimalkan pendataan sarana dan prasarana desa yang akan dilakukan.

Ir Agus Ika Putra, Dipl.Eng, M.Phill selaku ketua tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) serta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) tim Kukerta Terintegrasi Abdimas berharap mahasiswa Kukerta ini dapat membantu dan memudahkan masyarakat mengakses informasi desa. 

“Dengan dilepasnya mahasiswa Kukerta Terintegrasi Abdimas UNRI 2022 di Desa Teratak ini diharapkan dapat membantu pemutakhiran data sarana dan prasarana desa ini sehingga dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi desa. Mahasiswa nantinya akan melakukan survei pendataan sarana dan prasarana desa seperti jalan, sumber air bersih, keadaan fasilitas umum, juga membantu pemutakhiran batas-batas desa, dan lain-lain yang nantinya data hasil survei ini akan diinput melalui SID. Kemudian, output yang akan dihasilkan berupa peta desa,” ujarnya.

“Selain itu, pemutakhiran data sarana dan prasarana di desa ini dapat digunakan sebagai mitigasi bencana dan sebagai acuan dalam penyusunan RPJM desa. Tim Kukerta tahun ini merupakan lanjutan dari program kerja tim tahun sebelumnya di mana tahun sebelumnya berfokus pada program peningkatan pelayanan publik melalui penguatan Sistem Informasi Desa (SID),” tambahnya. 

Etak Murlizar S.Sos., M.Ikom selaku Kepala Desa Teratak, Kec. Rumbio Jaya menyambut baik kedatangan tim Kukerta Terintegrasi Abdimas UNRI 2022. Beliau mengungkapkan rasa senangnya atas kehadiran tim Kukerta UNRI di desa ini. 

“Kami merasa senang dengan kehadiran tim Kukerta UNRI di desa kami, semoga mahasiswa kukerta dapat berbaur dengan baik bersama masyarakat dan bisa membantu pendataan sarana dan prasarana desa kami sehingga desa kami dapat lebih dikenal luas oleh orang banyak,“ ungkapnya.

“Di dalam tri dharma perguruan tinggi itu ada 3 poin, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Pengabdian inilah yang sedang dilakukan oleh adik-adik mahasiswa di desa teratak ini. Yang mana kami harapkan mahasiswa Kukerta UNRI tahun ini bisa semakin mengenalkan desa lewat media dan website, salah satunya sentra pandai besi yang merupakan keunggulannya desa teratak ini bisa untuk lebih dikenal luas,” lanjut beliau.