Logo Tirainews.com

Pengabdian Kepada Masyarakat, Mahasiswa Kukerta UNRI 2022 Bangun Semangat Literasi dengan Membuat Ta

Pengabdian Kepada Masyarakat, Mahasiswa Kukerta UNRI 2022 Bangun Semangat Literasi dengan Membuat Ta
Pengabdian Kepada Masyarakat, Mahasiswa Kukerta UNRI 2022 Bangun Semangat Literasi dengan Membuat Taman Baca

Tirainews.com - Dalam upaya memperbaiki permasalahan literasi di Indonesia kelompok mahasiswa Kukerta UNRI 2022 Sumber Makmur melakukan pembuatan Taman Baca di SDN 029 Sumber Makmur, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Rabu (27/07/2022).

Literasi merupakan kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Di Indonesia, permasalahan literasi masih menjadi hal yang patut dikedepankan karena minimnya minat baca masyarakat yang berpengaruh pada wawasan dan tingkat kemajuan bangsa Indonesia. 

Berdasarkan survei yang dilakukan Program for Iternational Student Assessment (PISA) yang dirilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019, Indonesia menempati peringkat ke 62 dari 70 negara dan menempati urutan 10 terbawah negara yang memiliki tingkat literasi rendah.

Oleh karena itu, mahasiswa Kukerta UNRI 2022 Sumber Makmur mengadakan program kerja Taman Baca yang diharapkan dapat menambah semangat literasi anak-anak dan meningkatkan pengetahuan mereka. Taman Baca ini dibuat di area sekolah dan buku-buku yang digunakan merupakan hasil donasi dari mahasiswa Kukerta serta masyarakat. 

Taman Baca ini juga dihias dengan hasil karya dari siswa SDN 029 Sumber Makmur yang dibimbing oleh mahasiswa Kukerta. “Literasi itu sangat penting, karena di sekolah sekarang 15 menit sebelum belajar diwajibkan untuk literasi. Dengan membaca menambah pemahaman anak dan membantu ketika ada tugas dari guru siswa bisa mencari bahan bacaan. Kami sangat berterimakasih kepada mahasiswa Kukerta UNRI 2022 telah membantu kami dengan membuat taman baca ini,” ungkap Katinem selaku Kepala Sekolah SDN 029 Sumber Makmur. 

Siswa-siswi memberikan respon yang sangat positif dan sangat antusias, mereka mengungkapkan bahwa mereka sangat senang dengan adanya taman baca ini. Semoga dengan adanya taman baca ini dapat membantu meningkatkan minat baca anak dan berguna sampai kapanpun.