Logo Tirainews.com

Mahasiswa Kukerta Unri 2022 Sosialisasikan Penggunaan Aplikasi Belajar kepada Guru di SDN 004 Lubuk

Mahasiswa Kukerta Unri 2022 Sosialisasikan Penggunaan Aplikasi Belajar kepada Guru di SDN 004 Lubuk
Mahasiswa Kukerta Unri 2022 Sosialisasikan Penggunaan Aplikasi Belajar kepada Guru di SDN 004 Lubuk Ogong

Tirainews.com - Kelompok Mahasiswa Kukerta (Kuliah kerja Nyata) Universitas Riau melaksanakan sosialisasi mengenai penggunaan aplikasi pembelajaran jarak jauh yaitu Google Classroom dan Google meet Kegiatan ini dilakukan pada Senin (19/07/2022) di SDN 004 Lubuk Ogong, Desa Lubuk Ogung, Kecamatan Bandar Sei Kijang, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari tim Kukerta UNRI Desa Lubuk Ogung. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 10.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB di SDN 004 Lubuk Ogong.

Semenjak peristiwa pandemi covid 19 yang merebak di Indonesia guru dan murid dialihkan dengan proses belajar mengajar secara daring. Guru, maupun siswa dituntut untuk menguasai penggunaan aplikasi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran daring seperti google classroom dan google meet. 

Maka Hal inilah yang membuat mahasiswa kukerta berinisiatif untuk melakukan sosialisasi terkait penggunaan Google Classroom dan Google meet karena Google Classroom dan Google meet sangat mudah digunakan oleh guru maupun murid dan tidak banyak menghabiskan kuota internet

Google Clasroom merupakan aplikasi yang dapat didownload di playstore maupun appstore yang dapat mempermudah kegiatan pembelajaran antara guru dan murid.

Sedangkan Google Meet adalah aplikasi besutan google yang bergerak atau memfokuskan penerapanya di bidang live video. Dalam Aplikasi tersebut kita bisa bertatap muka secara langsung dan efektif. 

Keunggulan Google Meet antara lain dapat membantu para guru dan murid untuk tetap melakukan proses pembelajaran,diskusi dan rapat dimana saja mereka berada dengan menggunakan video call dari aplikasi google meet. 

Kegiatan ini dilakukan dengan cara menjelaskan secara rinci secara langsung kepada guru-guru di mejanya masing-masing agar guru tersebut paham terkait penggunaan 2 aplikasi tersebut. 

Pelatihan yang dilakukan meliputi pembuatan akun Google Classroom, cara membuka kelas dan membuat kode kelas, menambahkan materi mata pelajaran, membuat quiz atau tugas, cara penilaian, dan penggunaan aplikasi google meet. 

Tahapan pelatihan dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan kesempatan bagi guru untuk langsung mempraktikan apa yang telah diajarkan oleh pembicara.

Setelah penyampaian materi kemudian dilanjutkan dengan praktek menggunakan media dan diakhiri tanya jawab tentang kendala yang dihadapi saat pembelajaran daring. Kepala sekolah SDN 004 Lubuk Ogong mendukung kegiatan yang dilakukan oleh tim kukerta. 

“Saya atas nama kepala SDN 004 Lubuk Ogong mengucapkan terima kasih kepada tim kukerta Lubuk Ogung karena kami terbantu dengan adanya sosialisasi ini,” ujar beliau.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi dari mahasiswa KUKERTA UNRI Tahun 2022 ini, diharapkan dapat membantu para guru dalam proses pembelajaran yang lebih efektif dan inovatif. juga menambah keterampilan dalam menggunakan berbagai media pembelajaran yang dapat mendukung proses pembelajaran secara daring.