Logo Tirainews.com

Lagi, Warga KUD Stop Truk CPO PT GMS 

Lagi, Warga KUD Stop Truk CPO PT GMS 

Tirainews.com - Warga KUD RT 02 RW 07 Kelurahan Talang Mandi Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis Riau, kembali stop beberapa unit truk tronton pengangkut Crude Palm Oil (CPO) atau minyak kelapa sawit hasil produksi Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Gora Mandau Sawit (GMS), pada Senin (16/1/2023) kemarin.

"Warga stop tiga unit truk yang bermuatan CPO milik PT Gora, sehingga truk-truk tidak bisa melintas di Jalan KUD. Benar, kami warga KUD sekitar pukul 09.00 wIb stop lagi truk tronton yang mengangkut CPO PKS PT Gora," kata warga, Hercules lewat pesan singkat Whats App kepada wartawan.

Dijelaskan Hercules, sebelum aksi penyetopan operasional PT Gora dilakukan warga KUD, Manajemen perusahaan tersebut sudah disurati. Di mana isi surat tentang pemberitahuan agar truk tronton bermuatan lebih dari 10 ton tidak boleh melintas di Jalan KUD. 

Tapi surat pemberitahuan dari warga tak dipedulikan manajemen PKS PT Gora. Itu sebabnya, warga melakukan aksi penyetopan truk-truk CPO milik PT Gora.

"Jalan KUD baru dibangun Pemda Kabupaten Bengkalis. Jika truk-truk bermuatan melebihi tonase daya dukung jalan melintas khawatir jalan cepat rusak," tegasnya.

Menurut Hercules, masyarakat KUD saat ini  tengah memasang portal. Adanya portal jalan mudah-mudahan dapat mengantisipasi jalan tidak cepat rusak, tahan dan awet.

"Untuk itu kepada manajemen PKS PT Gora hargai masyarakat. Jangan pancing masyarakat untuk melakukan hal-hal yang tidak diinginkan," imbaunya.

Perseteruan antara masyarakat dengan PKS PT GMS terbilang sudah berlarut-larut. Pemerintah dan dinas terkait tidak terlalu ambil pusing dengan perseteruan tersebut.

Lantaran lambannya pemerintah melalui dinas terkait menimbulkan spekulasi dan ragam pertanyaan, seperti manajemen PKS PT Gora bandel bisa jadi ada oknum-oknum penguasa atau kerabat penguasa bermain api dalam lingkaran bisnis haram perkebunan kelapa sawit.