Pelari Indonesia Putri Aulia (tengah), Ni Made Arianti Putri (kiri), dan Endang Sari Sitorus menunjukkan medalinya setelah pertandingan dalam babak final nomor 100 meter putri T13 Asian Para Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu, 10

Target Perolehan Emas Indonesia di Asian Para Games 2018 Terlewati

Kamis, 11 Oktober 2018 - 05:34:09 WIB

Tirainews.com - Terget perolehan emas Indonesia di Asian Para Games 2018 terlewati. Hingga Kamis pagi, Indonesia menempati posisi enam klasemen dengan total 23 emas, 29 perak, dan 34 perunggu.

Cabang olahraga catur dan lawnbowl mampu mendongkrak perolehan medali kontingen Indonesia. Pada Rabu, Tim catur Indonesia memborong enam medali emas, tiga perak, dan tiga medali perunggu pada pertandingan kategori catur standar. 

Medali emas disumbangkan dari kelas VI-B1 (buta total) perorangan putra atas nama Hendi Wirawan dan putri dari Debi Ariesta. Kemudian, kelas PI (daksa) perorangan putri dari Simanja Nasip Farta. Sementara untuk beregu disumbangkan dari kelas VI-B1 putra, VI-B1 putri, dan kelas PI pria.

Tim lawnbowl Indonesia menyumbang empat emas, tiga perak, dan empat medali perunggu. Empat medali emas masing-masing disumbang oleh Dwi Widiantoro (tunggal terbuka campuran B1), Mella Windasari (tunggal putri B6), Suwondo (tunggal terbuka campuran B4), dan Yulia Verawati (tunggal terbuka campuran B2).

Tiga medali perak dipersembahkan Retnowati Yugia Sibarani (tunggal putri B6), Ni'matul Fauziah (tunggal terbuka campuran B1), dan Dian Kristiyaningsasih (tunggal terbuka campuran B3). Kemudian, empat medali perunggu diraih Sriyanti (tunggal putri B7), I Wayan Damai (tunggal putra B6), Asep Darmawan (tunggal putra B7), dan Sudarno (tunggal putra B8).

Pada Rabu, cabang tenis menyumbang tiga medali emas, dua medali perak, dan tujuh medali perunggu. Medali emas diraih oleh pasangan campuran kelas TT 6-8 Mohamad Rian Prahasta/Suwarti, tim ganda putra Agus Sutanto/Tatok Hardiyanto kelas TT 4-5, serta pasangan putra David Jacobs/Komet Akbar dari kelas TT 10.

Tim para-atletik Merah-Putih menyumbang tambahan dua medali emas, empat medali perak, dan dua medali perunggu. Medali emas masing-masing disumbang Karisma Evi Tiarani pada nomor lari 100 meter putri T42/T63 serta Putri Aulia pada nomor 100 meter putri T13. Nurtani Purba pada kelas 73 kilogram dan Siti Mahmudah pada kelas 79 kilogram menyumbang tambahan medali perak pada cabang para-angkat berat Asian Para Games.

Tim campuran boling tenpin Elsa Maris dan Andrey menyumbang satu medali perak pada pertandingan hari kelima pada nomor ganda campuran TPB4. Terakhir pada cabang para-renang, Indriani Syuci menambah koleksi medali perak pada nomor renang 100 meter gaya kupu-kupu S14.

Presiden Joko Widodo, dalam kunjungannya ke arena pertandingan para-angkat berat, memprediksi kontingen Indonesia akan merebut 20 medali emas dan melampaui target 16 medali emas.

"Yang jelas sudah saya berikan target 16 emas, masuk 8 besar. Menurut saya emasnya akan lebih dari 16 (emas), Insya Allah, yakin saya, mungkin lebih dari 20 (medali emas)," kata Presiden Joko Widodo seperti dilansir tempo.

Sementara itu Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, menyatakan meskipun target sudah tercapai tetapi masih banyak peluang yang bisa direbut dari sisa pertandingan, dua hari ke depan.

"Alhamdulillah membuahkan hasil yang betul-betul cukup menyenangkan bagi kita semua, tentunya kita bersyukur di hati. Kita sudah melampaui target yang sudah ditetapkan pemerintah tapi kami belum puas, kami akan terus berjuang," ujar Imam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu. (tim) 



Tulis Komentar +
Berita Terkait+