Ilustrasi (net)

Realisasi APBN 2018 untuk Riau Sebesar Rp5, 32 Triliun

Selasa, 30 Oktober 2018 - 19:20:25 WIB

Tirainews.com - Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2018 yang digelontorkan untuk Riau mencapai Rp8,44 triliun. Sampai kini, realisasi dari angka itu sudah mencapai 63,1 persen atau sebesar Rp5,32 triliun. 

"Angka realisasi ini sedikit naik dari realisasi pada akhir triwulan III atau akhir September 2018 lalu, yaitu sebesar 61,1 persen," kata Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Ditjen Perbendaharaan Provinsi Riau, Tri Budhianto di Pekanbaru, Selasa (30/10/2018).

Ia menguraikan, capaian total realisasi sebesar 63,1 persen ini terdiri dari belanja pegawai sebesar Rp2,27 triliun atau 81,1 persen dari total pagu belanja pegawai. Menurutnya, realisasi belanja pegawai tersebut terbilang relatif normal dan stabil sesuai dengan nature belanja pegawai, yaitu dibayarkan rutin setiap bulan.

Kemudian, belanja barang terealisasi sebesar Rp2,21 triliun atau 59,2 persen. Ini juga relatif normal karena pada umumnya merupakan pengeluaran rutin menunjang operasional perkantoran dan pendukung atas kegiatan tusi kementerian/lembaga.

Loading...

Sementara itu, belanja modal baru terealisasi sebesar Rp858 miliar atau 45,3 persen. Capaian ini masih kurang dari angka serapan ideal pada 60 persen.

"Ini dikarenakan masih menunggu penyelesaian pekerjaan kontraktual yang baru dapat diminta pencairannya apabila prestasi kerja telah diterima," ujarnya.

Sedangkan, belanja bantuan sosial (Bansos) masih menjadi yang paling rendah angka serapannya, yaitu baru terealisasi sebesar Rp6,5 miliar atau 41,6 persen.

"Untuk serapan yang masih rendah itu belanja Bansos. Ini disebabkan oleh proses verifikasi dan data penerima bansos untuk penyaluran tahap berikutnya semester dua masih terkendala," jelasnya. 




Baca Juga Topik #riau+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+