Logo Tirainews.com

Tim Kukerta Unri 2021 Sosialisasi Motivasi Kehidupan Setelah Menjalani Masa Pendidikan Wajib di SMK

Tim Kukerta Unri 2021 Sosialisasi Motivasi Kehidupan Setelah Menjalani  Masa Pendidikan Wajib di SMK

Tirainews.com - Pengabdian masyarakat merupakan sebuah gerakan untuk dapat memberikan pengajaran, wawasan serta keterampilan kepada masyarakat yang memerlukan.

Seperti halnya yang sudah dilakukan oleh mahasiswa Universitas Riau yang melakukan Kukerta (Kuliah Kerja Nyata) Balek Kampung yang bertempat di Desa Pulau Binjai, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi.

Para mahasiswa ini melakukan pembekalan berupa pemberian motivasi kepada anak-anak sekolah di wilayah Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi yang tingkat pendidikannya masih rendah.

Ketua Kukerta menyebutkan bahwa masih banyak anak yang putus sekolah dikarenakan keinginan mereka sendiri untuk merantau ataupun terkendala oleh dana dan kurangnya motivasi. 

Hal yang disimpulkan ketua kukerta tersebut didapatkan dari observasi lapangan dan pendekatan dengan masyarakat sekitar Desa Pulau Binjai.

Kegiatan dilakukan dengan cara Tim Kukerta  mengunjungi sekolah yaitu SMK 1 Pulau Binjai untuk melakukan sosialisasi akan tetapi terkendala karena pandemi dimana siswa hanya datang ke sekolah untuk mengumpulkan ataupun mengambil tugas yang diberikan oleh guru.

Pilihan yang dilakukan Tim Kukerta yakni sosialisasi secara online dengan menggunakan aplikasi google meet. Sosialisasi diawali dengan perkenalan oleh pembicara yang merupakan salah satu Tim Kukerta serta berbincang-bincang seputar kuliah dan kukerta. 

Inti dari sosialisasi ini adalah memberikan gambaran bagaimana kehidupan setelah para siswa tersebut tamat SMK, terdapat dua pilihan yaitu kuliah atau bekerja.

Materi yang disampaikan bersumber dari pengalaman mahasiswa kukerta serta website yang membahas seputar dunia perkuliahan yang tentunya dikemas dengan bentuk dan bahasa yang menarik serta mudah dipahami. 

Sosialisasi ini berjalan lancar tanpa kendala berarti, yang bisa dilihat dari para siswa selalu memberikan respon balik saat pembicara menanyakan suatu hal kepada mereka.

Sosialisasi yang dilakukan mendapat antusiasme yang tinggi dari siswa-siswi SMK 1, mereka memberikan pertanyaan seputar bagaimana kehidupan kuliah dan apa saja yang akan dihadapi dalam kehidupan kampus. Kegiatan ini juga mendapat respon positif dari guru dan beberapa wali murid. 

Tim Kukerta berharap agar sosialisasi ini mampu meningkatkan minat siswa agar mau melanjutkan pendidikan mereka kejenjang yang lebih tinggi, atau pun akan bekerja sesuai dengan keinginan masing-masing tanpa adanya unsur keterpaksaan.