Zulhelmi Arifin

Bapenda se-Indonesia Rakorteknas di Pekanbaru, Ini Targetnya

Jumat, 08 Oktober 2021 - 11:34:05 WIB

Tirainews.com - Kota Pekanbaru, Riau, menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Teknis Nasional (Rekorteknas) Badan/Dinas Pendapatan Daerah (Bapenda/Dispenda) se-Indonesia.

Sesuai jadwal, Rakorteknas Bapenda/Dispenda yang dipusatkan di Novotel Pekanbaru ini akan digelar selama dua hari terhitung tanggal 8 hingga 9 Oktober 2021.

"Dibuka oleh Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri mewakili pak menteri (Mendagri) yang masih ada kegiatan di PON Papua," Kata Kepala Bapenda Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin, Jumat (8/10/2021).

Disampaikannya, Rakorteknas mengundang sebanyak 380 daerah di Tanah Air.

Loading...

"Yang 380 daerah ini mengikuti langsung. Sementara sekitar 580 daerah lainnya mengikuti secara online. Sampai sekarang sudah 200 daerah yang mengkonfirmasi hadir secara langsung ke Pekanbaru," ungkap pria yang akrab disapa Ami ini.

Disebutkannya, ada beberapa poin yang akan dibahas dalam Rakorteknas Bapenda/Dispenda nanti. Di antaranya mengenai Sistem Informasi Penerimaan Daerah (SIPD) terkait pengelolaan keuangan daerah.

"Artinya, bagaimana keuangan daerah bisa optimal terus terutama dalam sisi penerimaan di masa pandemi ini," paparnya.

Kemudian, Rakorteknas juga akan membahas tentang optimaliasi pajak daerah dan untuk menyusun berbagai usulan guna memberikan masukan pada pembahasan Undang-undang tentang tata kelola Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah (HKPD).

"Karena sekarang UU HKPD ini tengah dibahas. Ini memungkinkan penerimaan daerah bisa dilaksanakan secara langsung. Jadi Rakorteknas ini nantinya akan memberikan kontribusi dalam UU itu," ujarnya.

Melalui UU HKPD, diharapkan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dari sektor Pertambangan, Perkebunan dan Perhutanan (P3) bisa diserahkan 100 persen ke kabupaten/kota.

"Itu harapan kita, bagaimana PBB P3 ini, PBB nya menjadi 100 persen untuk daerah kabupaten-kota," tutup Ami. 




Baca Juga Topik #Pemko Pekanbaru+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+