Logo Tirainews.com

Harimau Sumatera Ditemukan Mati di Bengkalis, Tali Sling Terikat di Kaki Kiri

Harimau Sumatera Ditemukan Mati di Bengkalis, Tali Sling Terikat di Kaki Kiri

Tirainews.com - Seekor harimau sumatera (Panthera Tigris sumatrae) ditemukan mati terjerat tali sling di Desa Tanjung Leban, Kecamatan Bandar Laksamana, Kabupaten Bengkalis, Riau Ahad (17/10/2021).

Plt Kepala Balai KSDA Riau Fifin Arfiana mengatakan, harimau sumatera berjenis kelamin betina itu ditemukan warga di areal hutan produksi atau ladang masyarakat dan tidak jauh dari kawasan Suaka Margasatwa Bukit Batu.

Tim Resort Bukit Batu sudah turun ke lokasi untuk melakukan evakuasi bangkai harimau sumatera. Tim datang bersama TNI dan Polri. "Kemudian bangkai harimau sumatera tersebut dibawa ke Pekanbaru untuk dilakukan neukropsi agar dapat diketahui penyebab dan berapa lama harimau tersebut mati," terangnya.

Lanjutnya, saat ditemukan, pada bagian kaki kiri depan harimau sumatera tersebut terkena jerat sling yang diduga milik pemburu.


"Kami mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak memasang jerat dengan alasan apapun, karena membahayakan untuk satwa termasuk satwa yang dilindungi," tegasnya.

Sesuai Pasal 40 UU RI Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Bagi yang sengaja melakukan pelanggaran dapat dikenai sanksi pidana penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp100.000.000.

Begitupun bagi yang melakukan pelanggaran karena kelalaiannya akan dikenai pidana kurungan paling lama 1  tahun dan denda paling banyak Rp50.000.000.