Logo Tirainews.com

Akhir Pekan, Personil Polsek Ukui Tingkatkan Patroli di Daerah Rawan Karhutla

Akhir Pekan, Personil Polsek Ukui Tingkatkan Patroli di Daerah Rawan Karhutla
Personil Polsek Ukui Tingkatkan Patroli di Daerah Rawan Karhutla

Tirainews.com - Polsek Ukui, jajaran Polres Pelalawan terus mengoptimalkan kegiatan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dengan patroli sekaligus menyebarkan Maklumat Kapolda Riau.

Dipimpin oleh Bripka Inder M Pane, kegiatan tersebut menyasar di lubuk kembang bunga, hari ini, Sabtu (30/10/2021).

Dalam kegiatan tersebut, personil Polsek Ukui menyampaikan kepada warga yang dijumpai di lokasi perkebunan, agar tidak membakar lahan, termasuk ketika saat hendak bercocok tanam. 

Dalam kesempatan itu juga petugas turut membagikan Maklumat Kapolda Riau tentang larangan membakar hutan maupun lahan.

Kapolsek Ukui Iptu Tatit Rizkyan Hanafi saat mengatakan patroli ini setiap hari pihaknya laksanakan, baik melalui bhabinkamtibmas pada tiap desa maupun personil Polsek Ukui lainnya.

"Kegiatan ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kebakaran, pendeteksian dini, sehingga memudahkan kita untuk mengantisipasi atau menanggulangi terjadinya kebakaran," tutur Kapolsek.

"Teknisnya dilapangan, karena kan munculnya api itu tidak secara tiba-tiba, pasti dari faktor manusia, baik disengaja maupun tidak sengaja seperti saat orang sedang memancing kemudian bakar ikan atau puntung rokok dibuang sembarangan, itu dapat mengakibatkan kebakaran," tambahnya lagi.

Untuk itu, Kapolsek menambahkan setiap anggota diimbau agar melakukan pencegahan Karhutla baik berupa sosialisasi, edukasi, bahkan penindakan sekalipun bila diperlukan.

Sejauh ini belum ada informasi terkait adanya hot spot dari rekan-rekan yang dilapangan dan dari pantauan Aplikasi Dashboard Lancang Kuning juga untuk wilayah Kecamatan Ukui, masih Nihil.

Aplikasi Dashboard Lancang Kuning adalah aplikasi gagasan bapak Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi yang dapat mengidentifikasi titik panas melalui satelit dan kemudian tersambung ke setiap perangkat selular seluruh personil Polda Riau. 

Kapolsek berharap, wilayah Ukui tidak lagi menjadi penyumbang asap seperti tahun-tahun sebelumnya.