Logo Tirainews.com

Ada Penampakan Rusa di Kebun Sawit Wilayah Rohul, Cari Makan Bareng Kawanan Sapi

Ada Penampakan Rusa di Kebun Sawit Wilayah Rohul, Cari Makan Bareng Kawanan Sapi

Tirainews.com - Seekor Rusa sambar (Rusa Unicolor) muncul di Desa Kepenuhan Sejati, Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu, Riau. Hewan berbulu cokelat kehitaman itu terlihat bergabung dengan hewan ternak sapi.

Plt Kabid Wilayah II Balai Besar KSDA Riau Hartono membenarkan adanya kemunculan seekor rusa sambar di Kabupaten Rokan Hulu, Jumat (30/12/2022). Hartono mengatakan, informasi terkait kemunculan satwa tersebut didapat dari anggota Polsek Kepenuhan. 

"Tim dari BBKSDA Riau segera turun ke lokasi. Berdasarkan informasi yang kami terima, satwa dilindungi itu terlihat bergabung dengan hewan ternak sapi," terangnya.

Dilihat dari ukurannya, kata dia, satwa tersebut merupakan rusa sambar dewasa karena tanduknya sudah bercabang. Ia menjelaskan, areal lokasi sebagian merupakan habitat rusa sambar. Tahun lalu tim juga melakukan pengecekan di lokasi kemunculan rusa sambar yang ada di daerah Rokan Hulu.

Saat ini tim sudah turun ke lokasi untuk segera melakukan evakuasi dan selanjutnya akan dilepasliarkan ke habitat yang jauh dari pemukiman. Selain itu, di lokasi juga telah dipasang spanduk imbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan perburuan dan pemasangan jerat.

"Kami menghimbau kepada masyarakat yang ada disekitar lokasi untuk tidak melakukan kegiatan perburuan atau pemasangan jerat untuk rusa sambar," imbuhnya.

Menurutnya, rusa sambar merupakan salah satu satwa dilindungi dan terancam punah. Rusa sambar termasuk satwa yang dilindungi UU no 5 Tahun 1990. Dengan ancaman pidana 5 tahun penjara dan denda Rp100 juta.