Logo Tirainews.com

SI MERAH Diluncurkan, Bupati Bengkalis Siap Permudah Kerjasama

SI MERAH Diluncurkan, Bupati Bengkalis Siap Permudah Kerjasama

Tirainews.com - Aplikasi SI MERAH dan Short Course Legal Drafting Naskah Kerja Sama diluncurkan Bupati Kabupaten Bengkalis, Kasmarni diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Johansyah Syafri, di salah satu hotel di Duri, pada Sabtu (9/9/2023) akhir pekan.

Aplikasi ini salah satu aplikasi Sistem Informasi Kerja Sama Daerah guna mendukung fasilitasi kerja sama berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 28 tahun 2018.

Fungsi aplikasi, yakni sebagai bank data dengan semua perjanjian dan nota kesepahaman yang telah dilakukan. Di mana admin hanya bisa buka Bagian Kerja Sama Pemkab Bengkalis.

Selain itu, aplikasi berfungsi sebagai sarana komunikasi untuk calon mitra yang mau melakukan kerja sama dengan Pemkab Bengkalis, dan sebagai jalur untuk evaluasi atas kerja sama dengan disediakannya kuesioner dan perlengkapan evaluasi yang hanya bisa di akses bupati dan sekda.

Dengan aplikasi ujar Johansyah Syafri, lebih efisien dan efektif serta saling menguntungkan. Bahkan salah satu faktor penunjang percepatan pembangunan dan pelayanan publik dengan melakukan kerja sama baik itu kerja sama daerah juga dengan pihak ketiga.

"Kerja sama salah satu sarana percepat sebagai penunjuk arah sekaligus pengendalian untuk mencapai tujuan untuk menciptakan Pemerintahan yang baik (Good Governance)." Jelasnya.

Apalikasi SI MERAh diterapkan, jelas Johan, untuk menjawab tantangan dan mendukung maksud regulasi sehingga kerja sama daerah dapat dilaksanakan secara efektif.

Untuk itu, aplikasi yang diluncurkan Bagian Kerja sama Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis ini hendaknya  dapat menggali potensi pemanfaatan sumber daya dan potensi daerah di bidang penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dan meningkatkan efisiensi Sumber Daya Manusia (SDM) 'Negeri Junjungan' nama lain dari Kabupaten Bengkalis.