Logo Tirainews.com

Apel Perdana, Walikota Firdaus Ajak OPD Selesaikan Pembangunan Tahun 2020

Apel Perdana, Walikota Firdaus Ajak OPD Selesaikan Pembangunan Tahun 2020

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menggelar apel perdana di tahun 2020, Kamis (2/1/2020). Walikota Pekanbaru, Dr Firdaus MT memimpin langsung apel di Halaman Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru Jalan Jenderal Sudirman. 

Walikota mengajak seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Pekanbaru untuk bersama-sama menyelesaikan program pembangunan tahun 2020 ini. Apel itu juga diikuti seluruh pejabat tinggi hingga camat dan Lurah serta seluruh ASN di lingkungan Pemko Pekanbaru.

"Mari kita mulai tahun baru dengan semangat baru, ritme kerja yang terpola dengan orientasi pelayanan yang semakin baik. Semoga di tahun 2019 kemarin kita dapat mengambil makna dan mengevaluasi diri dan apa yang kita lakukan dan meningkatkan kapasitas diri, baik dalam hal ibadah, dalam hal mensejahterakan keluarga dan lebih baik dalam bidang pengabdian kepada negara," kata dia.

Ia berharap, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) tetap jadi pelayan masyarakat yang amanah. Sinergi dengan legislatif dan semua pihak agar bisa terus terjalin. 

"Kami juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam menyukseskan program pembangunan," kata dia.

Ia tidak menampik adanya program yang belum tuntas di tahun 2019 lalu. Ia mengingatkan OPD agar mepertajam program pembangunan agar tepat sasaran.

"Perkuat dengan skala prioritas. Apalagi tahun lalu RPJMD sudah dipertajam dan bersinergi dengan RPJMN," jelasnya.

Ada lima hal dalam RPJMN yakni pembangunan SDM unggul, melanjutkan penyelesaian infrastruktur, penyederhanaan struktur pemerintahan, penyederhaan di bidang hukum dan transformasi ekonomi. Maka RPJMD Kota Pekanbaru sudah diselaraskan dengan RPJMN.

Ia berharap pada tahun baru ada perubahan lebih baik. Apalagi sudah melakukan evaluasi pada akhir tahun 2019 lalu. "Kita juga susun rencana untuk di tahun 2020 ini, agar program pembangunan bisa tercapai," tegasnya.

Tahun 2019 lalu, Firdaus menegaskan telah melaksanakan berbagai pelayanan dan sebagai pelayan utama masyarakat dan banyak prestasi yang diraih hingga 2019 baik dalam skala Provinsi Riau hingga Nasional. 

“Pekanbaru berhasil memperoleh apresiasi/penghargaan/pengakuan terbaik di Nasional hingga menjadi referensi bagi pemerintah Kab/Kota lainnya. Hal ini adalah usaha dan kerja keras, dengan kerja keras kita semua berhasil mengukir prestasi, “pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Wako Firdaus juga menjelaskan tentang konsep Smart city Madani yang merupakan visi pembangunan Pemerintah Kota Pekanbaru. Beliau juga menjelaskan tentang konsep 6 (enam) pilar smartcity yang telah diterapkan di Pekanbaru.

Di akhir sambutannya, Wako Firdaus menginstruksikan kepada seluruh ASN agar selalu bekerja berdasarkan Falsafah Trilogi Pembangunan Pemerintah Kota Pekanbaru

“Saya berharap seluruh ASN Kota Pekanbaru dapat mengimplementasikan Falsafah Trilogi Pemerintah Kota Pekanbaru dalam tiap aspek pekerjaan, yang terdiri dari dimensi akhlak (professional, Amanah, Santun), Dimensi  Karakter (disiplin, kreatif, inovatif), dan dimensi Kualitas (Mampu dan mau bekerja keras, Bergerak Cepat, Bertindak tepat dan tuntas.” tutupnya. (ADV)