Logo Tirainews.com

Transportasi Umum Beroperasi Kembali, Seperti Apa Keberadaan Tenaga Medis di Perbatasan Pekanbaru?

Transportasi Umum Beroperasi Kembali, Seperti Apa Keberadaan Tenaga Medis di Perbatasan Pekanbaru?

Tirainews.com - Transportasi umum kembali diizinkan beroperasi oleh pemerintah pusat. Kondisi itu dibarengi dengan penempatan tenaga medis di perbatasan, khususnya Kota Pekanbaru. 

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru M Amin menyebut, telah menyiagakan petugas medis di setiap chek poin atau pos penjagaan PSBB, baik di dalam kota maupun yang berada di setiap pintu masuk Kota Pekanbaru.

Adanya Permenhub terkait dibuka kembali pengoperasian moda transportasi, dikhawatirkan volume warga yang keluar masuk dari dan ke Kota Pekanbaru akan bertambah. 

Amin mengatakan, setiap petugas medis yang berjaga di chek poin diambil dari tenaga medis yang ada pada Puskesmas terdekat dari lokasi chek poin. "Semalam saat rapat, Pak Walikota sudah meminta supaya tenaga medis stanby di setiap chek poin. Kita sudah teruskan, jadi paling tidak, ada 1-2 tenaga medis yang berjaga di setiap chek poin," kata Amin, Ahad (17/5/2020).

Selain tenaga medis, mobil ambulance juga disiagakan di cek poin. Kata dia, keterbatasan armada yang ada pada setiap puskesmas dan di Diskes Pekanbaru, ambulan dapat beroperasi secara mobile. 

"Jadi nanti saling koordinasi saja mana yang membutuhkan. Hari ini petugas medis sudah mulai kita turunkan," jelas Amin. 

Amin tak menampik, di tengah pandemi covid-19, peran tenaga medis sangat dibutuhkan. Oleh sebab itu pihaknya harus berupaya semaksimal mungkin dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

"Dengan kekuatan penuh kita akan berupaya semaksimal mungkin. Mari kita berdoa bersama sama supaya tenaga medis kita juga sehat, dan kita perangi secara bersama Covid-19 ini," kata Amin.