Turun Bersihkan Sampah, Ini Kata Sekda Pekanbaru

Selasa, 05 Januari 2021 - 13:09:59 WIB

Tirainews.com - Sampah menjadi sorotan di Kota Pekanbaru sejak awal Januari, pasca kontrak dua perusahaan pengangkut sampah habis. Banyak tumpukan sampah di ruas jalan di Kota Pekanbaru.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru H Muhammad Jamil SAg MAg MSi turun langsung bersama Kepala DLHK Kota Pekanbaru Agus Pramono membersihkan tumpukan sampah di jalan. Dalam persoalan penanganan sampah ini, perlu keterlibatan semua pihak.

"Tidak bisa dari pemerintah saja, masyarakat harus disiplin juga," kata Jamil, Selasa (5/1/2021).

Jamil juga menegaskan agar Camat dan perangkat Kecamatan untuk ikut peduli dengan lingkungan, terutama persoalan sampah. "Saya kurang suka Camat hanya foto saja ada tumpukan sampah. Saya intruksikan juga pihak Kecamatan bantu DLHK untuk beraihkan tumpukan sampah. Sementara pemenang lelang angkutan sampah ditetapkan," tegasnya.

Loading...

Kepala DLHK Kota Pekanbaru Agus Pramono menyebut kondisi armada yang terbatas menyebabkan proses pengangkutan sampah butuh waktu lebih lama. DLHK harus menunggu pemenang lelang angkutan sampah. 

Mereka tidak bisa menunjuk begitu saja pengelola angkutan sampah jelang ada pemenang lelang. "Maka kita lakukan secara mandiri untuk pengangkutan sampah yang ada di tepi jalan ini," jelasnya.

Agus menyebut, untuk sementara waktu DLHK menggandeng FK RTRW Kota Pekanbaru. Mereka yang membantu pengangkutan sampah secara swadaya di lingkungannya.

Kerjasama ini rencananya berjalan sambil menunggu pemenang lelang angkutan sampah. Ia berharap pemenang lelang segera terpilih. "Kita sudah komunikasikan, agar bisa membantu pengangkutan ini untuk sementara," jelasnya.




Baca Juga Topik #Pemko Pekanbaru+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+