Logo Tirainews.com

Bapenda Pekanbaru Torehkan Tren Positif Dalam Capaian Pajak Daerah, Walikota Beri Apresiasi

Bapenda Pekanbaru Torehkan Tren Positif Dalam Capaian Pajak Daerah, Walikota Beri Apresiasi
Bapenda Pekanbaru Torehkan Tren Positif Dalam Capaian Pajak Daerah, Walikota Beri Apresiasi

PEKANBARU - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru menggelar Pekanbaru Tax Award 2022, Rabu (18/5) malam. Melalui ajang ini, Wali Kota (Wako) Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT berterimakasih pada wajib pajak (WP) yang taat membayar pajaknya. 

Pada ajang ini, Pemkot Pekanbaru melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru memberikan penghargaan pada wajib pajak yang taat dalam membayar pajak dibawah kewenangan Bapenda Kota Pekanbaru. Ada 11 pajak daerah yang menjadi kewenangan Bapenda pekak untuk dilakukan penghimpunan. 

Dikatakan Wali Kota (Wako) Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT saat memberikan sambutan, saat ini masyarakat baru bisa berkumpul usai pandemi Covid-19 memasuki tahun ketiga. 

"Ini juga kita manfaatkan untuk memberikan apresiasi dan terimakasih utk pelaku usaha, WP baik perorangan, maupun kelompok di 11 pajak yang kita jadikan sebagai sumber pendapatan, " kata dia. 

Dilanjutkannya, dirinya bersyukur saat ini pertumbuhan ekonomi menunjukkan tren positif usaha terpuruk akibat Covid-19. "Di 2020 kita termasuk negatif saat awal pandemi. Tahun 2021 lalu kita bisa tumbuh ppositif dari minus 4 jadi 5,2. Artinya ada kenaikan 9 persen lebih. Itu juga mengakibatkan pendapatan kita meningkat, " urainya. 

Ditambah pula, Pemko Pekanbaru memberikan stimulus bagi masyarakat terdampak dengan  memberikan keringanan pajak. "Degan demikian gairak WP semakin baik menjalankan kewajiban sebagai WP. Ini memberi pendapatan pada kita dan investasi yang masuk membuka lapangan pekerjaan pada masyarakat dan memberikan kontribusi ke pajak, " paparnya. 

Wako berharap, di 2022 ini pandemi bisa jadi endemi sehingga ekonomi lebih cepat bosa digerakkan. "Juga menggerakkan masyarakat jadi produktif dan semua bisa kita gerakkan baik dan ekonomi baik memberikan kesejahteraan bagi masyarakat, " harapnya. 

Pajak Daerah yang terkumpul pada Bapenda Kota Pekanbaru mencapai Rp 228,4 miliar. Jumlah ini terhitung sejak Januari hingga 18 Mei 2022. Capaian ini menunjukkan tren positif yang berhasil ditorehkan oleh Bapenda Pekanbaru. 

Kepala Bapenda Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin SSTP MSi menjelaskan, ada tren kenaikan 17,2 persen dibanding periode sama pada tahun 2021 silam yakni Rp 194,8 miliar. 

Target triwulan II ini 256,1 miliar hingga Juni 2022 nanti. Ia pun mendorong peningkatan pajak daerah karena capaian target triwulan II sudah mencapai 89,7 persen. 

"Kita optimis capaian pajak daerah untuk TW II tahun ini bisa tercapai," jelas pria yang akrab disapa Ami ini. 

Menurutnya, seiring membaiknya kekebalan imunitas masyarakat Pekanbaru dari Covid-19, tren penerimaan pajak daerah di 2022 pun kini juga membaik. Saat ini banyak bisnis di tengah masyarakat yang sudah mulai berjalan normal.

Ini berdampak pada meningkatnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pajak daerah. Atas capaian ini, Ami menyampaikan terimakasih pada warga Pekanbaru karena sudah menjadi Wajib Pajak (WP) yang taat. 

"Juga pada pelaku usaha dan asosiasi yang sudah berkolaborasi," pungkas mantan Camat Rumbai ini. (Galeri)