Logo Tirainews.com

4 Fakta Tentang Orang Bunian Ini Harus Kamu Ketahui

4 Fakta Tentang Orang Bunian Ini Harus Kamu Ketahui
Ilustrasi (net)

Tirainews.com - Kisah tentang orang Bunian sudah nggak asing lagi di Indonesia. Tapi, kalau kita pergi ke Kalimantan, maka Bunian sudah seperti sesuatu yang biasa dibicarakan.

Bunian sering didefinisikan sebagai kelompok suku gaib yang mendiami daerah tersebut. Mereka ini dikenal sakti dan katanya sering membantu manusia. Ya, nggak seperti makhluk halus kebanyakan, Bunian ini sering menciptakan cerita-cerita yang bagus.

Entah mereka yang membantu manusia saat tersesat di hutan, sampai melibatkan dirinya dalam perang-perang. Tapi, meskipun begitu, bagaimana pun juga Bunian adalah makhluk halus yang tak bisa diterka maunya. Kadang mereka ini juga kerap berbuat jahil dan suka menyesatkan. Berikut ini ada fakta-fakta unik tentang Orang Bunian!

Bunian Dikenal Sakti dan Suka Menolong Manusia

Ada banyak cerita soal orang Bunian dari masyarakat sekitar Kalbar. Misalnya mereka yang sering menolong manusia yang tersesat dari hutan, sampai ikut serta dalam perang. Untuk perang, katanya hal tersebut memang benar.

Pasti tahu kan tragedi Sambas? Ya, banyak yang percaya jika perang antar etnis ini dibantu oleh mereka para orang-orang Bunian. Mereka melibatkan diri lantaran merasa ikut bertanggung jawab menjaga tanah yang ditempatinya. Tapi, tentu saja orang-orang Bunian ini lebih sakti karena bisa terbang dan sebagainya.

Ciri Khas Orang Bunian

Secara umum, orang-orang Bunian memiliki kesamaan bentuk dengan manusia. Jadi, ya sama seperti kita, mereka bertubuh tegak, berjalan dengan dua kaki dan sebagainya.

Kalau begitu, bakal susah dong membedakan manusia dan Bunian? Mungkin iya, tapi kalau kita tahu ciri khas mereka, tentu saja hal tersebut takkan terjadi. Memang ada perbedaan yang cukup mencolok antara manusia dan suku Bunian, terutama di bagian wajah.

Jadi, orang-orang Bunian ini lazimnya tidak memiliki garis tegak antara bibir atas dan bawah hidung. Tak hanya itu, mereka juga memiliki alis yang menyambung satu sama lain. Ketika melihat ada orang yang memiliki dua ciri ini, katanya ia pasti adalah Bunian.

Suku Bunian Suka Menggoda dan Menyesatkan Manusia

Meskipun dikenal baik dan suka membantu manusia, namun ada juga cerita-cerita jahat soal orang Bunian. Salah satu di antaranya adalah hobi mereka yang suka menyesatkan manusia. Jadi, orang Bunian ini memang suka sekali manusia.

Makanya, kemudian mereka bakal melakukan apa pun untuk bisa membawa manusia ke dunianya.
Cara menggodanya sendiri sangat dahsyat, biasanya manusia yang jadi target bakal ditunjukkan pemandangan yang luar biasa. Bisa juga dengan gadis-gadis cantik.

Bagi yang terjerat dan akhirnya ikut, maka konsekuensinya adalah takkan bisa kembali ke dunia nyata. Bisa sih dipaksakan, tapi menurut orang-orang hal tersebut hanya akan membuat si manusia menjadi tidak waras alias gila.

Bunian Tak Hanya Ada di Kalimantan

Orang Bunian mungkin identik dengan Kalimantan Barat, tapi bukan berarti makhluk satu itu hanya ada di sana. Ya, siapa yang menyangka jika Orang Bunian ternyata juga dijumpai di Minangkabau. Uniknya, hampir tak ada bedanya antaran Bunian versi Kalimantan atau pun Minangkabau.

Ya, Orang Bunian di Minangkabau ini juga dipercaya tinggal di hutan-hutan. Mereka pun juga punya kebiasaan suka menculik manusia-manusia untuk dibawa ke dunianya. Tak sampai situ, diceritakan pula kalau orang-orang Bunian Minahasa juga baik dan kadang membantu manusia.

Itulah beberapa fakta unik tentang Orang Bunian. Keberadaannya memang sulit dipahami dengan logika. Karena mereka ini tak pernah dibuktikan keberadaannya secara ilmiah, tapi mereka dipercaya ada. Agak dilematis jadinya. Jadi ingin mau mempercayai keberadaannya atau nggak semua kembali ke diri masing-masing ya Famous People!