Logo Tirainews.com

Polsubsektor Pelalawan Tinjau Hotspot di Desa Sungai Ara dan Desa Rangsang

Polsubsektor Pelalawan Tinjau Hotspot di Desa Sungai Ara dan Desa Rangsang

Tirainews.com - Polsubsektor Pelalawan tinjau hotspot di Desa Sungai Ara dan Desa Rangsang, Jumat (14/8/2020). Lokasi itu ditinjau Bhabinkamtibmas Bripka Anggiat Siregar SH, yang sebelumnya termonitor aplikasi Dashboar Lancang Kuning.

Musim panas sangat rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), sehingga Personil Polsubsektor Pelalawan yang dipimpin oleh Ipda Zulmaheri SH MH selalu waspada agar tidak terjadi Karhulta di wilayah hukum yang dipimpinnya.

Upaya pencegahan dilakukan mulai dari Patroli ke daerah rawan kebakaran, melakukan sosialisasi larangan membuka lahan dengan cara dibakar kepada masyarakat, maupun koordinasi kepada pihak terkait seperti pemerintah maupun perusahaan agar bersama-sama melakukan pencegahan dini agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan.

"telah termonitor oleh aplikasi dashboar lancang kuning titik hotspot diwilayah kecamatan pelalawan tepatnya di areal PT. Rapp desa Sungai Ara, dengan koordinat 0.317N 102.329E dengan tingkat kepercayaan 27 persen," kata Ipda Zulmaheri. 

Ipda Zulmaheri SH MH memerintahkan anggotanya yakni Bhabinkamtibmas Desa Sungai Ara Bripka Anggiat Siregar SH mengecek langsung lokasi yang terpantau Aplikasi Dashboar Lancang Kuning tersebut. Bersama-sama dengan Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Sungai Ara Bhabinkamtibmas Bripka Anggiat Siregar SH berangkat menuju lokasi dengan menggunakan perahu kecil milik masyarakat untuk menyebrangi sungai kampar yang membelah wilayah desa binaanya tersebut. 

"Jarak yang ditempuh diperkirakan sejauh 10 Kilometer karna Desa induk dan lokasi ditemukan Hotspot tersebut terpisah oleh Sungai Kampar," ungkapnya.

Dari hasil pengecekan lokasi yang terpantau oleh Aplikasi Dashboar Lancang Kuning tersebut tidak ditemukan titik api. "Semoga upaya yang dilakukan Polri khususnya Polsubsektor Pelalawan saat ini dapat mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Palalawan," jelasnya.