Logo Tirainews.com

Tujuh Pasien DBD di Pekanbaru Masih Dirawat

Tujuh Pasien DBD di Pekanbaru Masih Dirawat
Ilustrasi (net)

Tirainews.com - Tujuh pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Pekanbaru kini masih dalam perawatan. Total sampai akhir pekan ini, kasus DBD mencapai 458 kasus. 

"Tujuh orang yang masih sakit. Akumulasi 458, tapi kan sudah ditangani. Kasus meninggal tidak ada, hanya yang awal dulu, yang satu itu," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Diskes Kota Pekanbaru Maisel Fidayesi, Sabtu (5/9/2020). 

Ia mengimbau agar warga selalu menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). "Intinya memberantas DBD. Karena faktor lingkungan yang menentukan keberhasilan DBD," kata Maisel. 

DBD merupakan persoalan lingkungan, partisipasi masyarakat menjaga lingkungan sangat diperlukan. Seperti menata lingkungan agar nyamuk aedes aegypti tidak bertelur. 

Diskes juga meminta peran Puskesmas di masyarakat terus dimaksimalkan. Masyarakat diajak supaya ikut membersihkan lingkungan bersama, melakukan 3M plus. 

Program Diskes Pekanbaru, kata dia, sudah lakukan penyuluhan kepada masyarakat, baik melalui dinas langsung atau melalui puskesmas. "Turun ke lapangan, langsung ke masyarakat jadi kita tidak menunggu di puskesmas lagi. Kita turun ke masyarakat, kita wajib turun mengajak masyarakat untuk memerangi DBD. Untuk obat, saya rasa cukup, untuk penanganan DBD cukup," jelasnya. 

Jumlah kasus DBD di Pekanbaru, Sukajadi 17 kasus, Senapelan 19 kasus, Pekanbaru Kota 7 kasus, Rumbai Pesisir 22 kasus, Rumbai 28 kasus, Limapuluh 36 kasus, Sail 6 kasus, Bukit Raya 51 kasus, Marpoyan Damai 63 kasus, Tenayan Raya 82 kasus, Tampan 76 kasus, Payung Sekaki 51 kasus, Total 458 Kasus.