Logo Tirainews.com

Ketok Palu, Pemko Pekanbaru Ajukan Verifikasi APBD Perubahan 2020 ke Provinsi

Ketok Palu, Pemko Pekanbaru Ajukan Verifikasi APBD Perubahan 2020 ke Provinsi

PEKANBARU - Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2020 Kota Pekanbaru sudah disahkan. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru segera mengajukan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk diverifikasi.

"Segera kita ajukan untuk diverifikasi," kata Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT, Kamis (1/10/2020).

APBD Perubahan tahun ini mencapai Rp2,784 triliun. Jumlah ini meningkat sebesar Rp172,058 miliar dari APBD Murni, yang sebesar Rp2,612 triliun. Artinya, ada kenaikan sekitar 6,59 persen.

"Rp172  miliar itu diantarnya berasal dari dana BOS, Bantuan Keuangan dari Pemprov Riau serta juga sisa lebih penghitungan anggaran tahun lalu," kata Walikota.


Meski ada kenaikan, Jamil tidak menampik ada penurunan anggaran di beberapa organisasi perangkat daerah (OPD), lantaran terdampak Covid-19. Tapi, anggaran infrastruktur masih tetap masuk  prioritas.

"Seperti untuk perbaikan jalan dan juga peningkatan drainase," jelasnya.

Sementara itu, Juru Bicara (Jubir) Badan Anggaran (Banggar) DPRD Pekanbaru, Nofrizal mengatakan, penambahan itu ada untuk penanggulangan Covid-19. Secara prinsip, tidak jauh berbeda karena ada beberapa Refocusing dan dana bergeser untuk penanganan Covid-19.

Dari hasil pergeseran anggaran, DPRD Kota Pekanbaru berharap Pemko Pekanbaru untuk segera mendirikan laboratorium biomolekuler untuk menguji hasil Swab. Sebab, peningkatan masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19 cukup tinggi dan di Pekanbaru setiap harinya bertambah sekitar seratusan orang. (Advertorial)