Logo Tirainews.com

Nelayan Sadar Konservasi Serahkan Penyu Dilindungi

Nelayan Sadar Konservasi Serahkan Penyu Dilindungi

Tirainews.com - Petugas Resort TWA Muka Kuning dan Taman Buru Pulau Rempang, melepasliarkan satu ekor Penyu Hijau (Chelonia mydas). Satwa dilindungi tersebut merupakan penyerahan dari seorang nelayan bernama Amirul.

"Beliau langsung menyerahkannya kepada petugas. Bapak Amirul beralamat di RW 05 Tanjung Banon-Sungai Buluh, Kelurahan Sembulang," kata Kepala Balai Besar KSDA Riau Suharyono, Sabtu (12/2/2021).

Setelah menerima penyerahan, Petugas segera melakukan pengecekan fisik Penyu dan melakukan pengukuran. Hasilnya adalah panjang tubuh 45  cm, lebar  30 cm dengan berat badan sekitar 4 Kg. 

Pelepasliaran ke habitatnya segera dilakukan mengingat fisik Penyu yang sehat dan masih sangat liar apabila didekati oleh manusia. Pelepasliaran dikoordinir oleh Aprianto, petugas Polisi Kehutanan didampingi beberapa petugas lainnya.

Suharyono mengapresiasi Amirul yang  telah sadar pentingnya pelestarian satwa liar. Ini juga menunjukkan bahwa sosialisasi yang diberikan selama ini baik oleh petugas di lapangan maupun media sosial dan media yang lainnya sedikit banyak telah menunjukkan hasilnya. 

"Mari kita jaga dan lindungi sumber daya alam yang ada agar tetap berkelanjutan dan lestari," jelasnya.